Selisih 10% dari Harga Wajar, Pemerintah Tak Turunkan Harga Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Februari 2023, 19:46
harga pertalite, harga bbm, pertalite, bbm
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Seorang petugas menunjukkan harga BBM jenis Pertalite yang sudah naik menjadi Rp10 ribu per liter di SPBU Maya jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pemerintah tetap menahan harga Pertalite di angka Rp 10.000 per liter meski harga minyak mentah dunia saat ini berada di bawah US$ 100 per barel.

Pasalnya, harga jual BBM bersubsidi itu masih di bawah harga keekonomian atau harga wajarnya. "Harga Pertalite sekarang masih di bawah harga nilai keekonomiannya," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (24/2).

Kementerian ESDM pada awal Februari menyampaikan bahwa harga wajar Pertalite saat ini menyentuh nominal Rp 11.000 per liter atau lebih tinggi 10% dari harga jual eceran Pertalite saat ini. "Kalau harganya belum turun, berarti harganya belum ekonomis," ujar Arifin.

Adapun pada Jumat (24/2) petang, harga minyak jenis Brent berada di angka US$ 82,58 per barel. Sementara jenis West Texas Intermediate (WTI) berada pada level US$ 75,69 per barel.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa disparitas harga jual dengan harga wajar di tengah meroketnya harga minyak menjadi dalil relevan apabila PT Pertamina tak menurunkan harga jual Pertalite saat ini.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...