Xiaomi Rilis F2 Poco Pro dengan Fitur 5G, Bisa Digunakan di Indonesia?

Meski sudah berteknologi 5G, pengguna Xiaomi Poco F2 Pro belum bisa menikmati kecanggihan teknologi tersebut di Indonesia.
Cindy Mutia Annur
14 Juli 2020, 20:50
xiaomi poco f2 pro, spesifikasi poco f2 pro, xiaomi rilis poco f2 pro, teknologi 5g poco f2 pro
xiaomi
Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse saat meluncurkan POCO F2 Pro di Indonesia pada hari ini (14/7).

Setelah dua tahun sejak merilis Pocophone F1, Xiaomi akhirnya merilis penerusnya Poco F2 Pro di Indonesia, Selasa (14/7). Ponsel gaming dengan performa tinggi ini juga dilengkapi dengan fitur 5G. Lantas, apakah fitur ini bisa digunakan di Tanah Air?

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan bahwa meski telah dilengkapi dengan teknologi jaringan 5G, hingga saat ini perusahaan masih menunggu keputusan mengenai spektrum frekuensi yang bakal digunakan oleh pemerintah di Indonesia.

"Jadi sangat jelas, kami belum bisa menggunakan (fitur) 5G ini di Indonesia," ujar Alvin dalam video conference, Selasa (14/7). Meski begitu ketika pengguna sedang bepergian ke negara yang telah siap dengan teknologi ini maka jaringan tersebut dapat berfungsi.

Alvin mengatakan, Xiaomi bakal terus menantikan perkembangan kebijakan 5G di Indonesia dan mematuhi segala aturan terkait spektrum frekuensi yang nantinya ditentukan pemerintah setempat.

Advertisement

(Baca: Dijual Mulai Rp 1,8 Juta di RI, Redmi 9 Dilengkapi Kamera 13 MP)

Adapun dapur pacu Xiaomi Poco F2 Pro dibekali dengan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 865 yang didukung dengan CPU Kryo™ 585 octa-core dan GPU Adreno™ 650. Prosesor ini, menurut Alvin menawarkan performa 25% lebih tinggi dibandingkan versi pendahulunya yakni Poco F1.

Alvin mengatakan bahwa prosesor Poco F2 Pro dilengkapi dengan RAM LPDDR5 berkecepatan sangat tinggi dan penyimpanan UFS 3.1 terbaru, yang memungkinkan ponsel ini melakukan pembacaan dan penulisan data dengan baik.

Alvin mengatakan, teknologi yang wajib ada pada ponsel gaming adalah sistem pendingin. F2 Poco Pro, dia menjelaskan, menggunakan LiquidCool 2.0, yakni dengan ruang uap besar yang dilengkapi dengan beberapa tumpukan grafit dan graphene.

"Solusi (teknologi) ini bertujuan untuk menjaga perangkat tetap dingin, terutama SoC (System on Chip) dan permukaan ponsel, sehingga dapat mempertahankan kinerja puncak bahkan di bawah beban aktivitas yang berat," ujar Alvin.

(Baca: Xiaomi Sediakan Layanan Ganti Baterai di Tiongkok, Kapan di Indonesia?)

Alvin menjelaskan, Poco F2 Pro hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci tanpa notch dengan resolusi FHD+ (2400x1080p), serta tingkat kecerahan layar hingga 500 nits (typ)/800 nits (HBM). Layar ini juga didukung teknologi 360 degree triple ambient light sensor untuk menghadirkan deteksi cahaya sekitar yang akurat dan penyesuaian tingkat kecerahan.

Ponsel ini juga memiliki sensor sidik jari dalam-layar optik (optical in-screen fingerprint) dan Corning® Gorilla® Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Dari sisi kamera, ia mengatakan, Poco F2 Pro memiliki empat kamera belakang (AI Quad Camera) dengan susunan masing-masing lensa utama 64MP, lensa ultra wide-angle 13MP, lensa telemakro 5MP, dan lensa depth sensor 2MP.

Di bagian depan, ponsel ini menampilkan kamera dengan sistem pop-up, yang baru muncul ketika pengguna mengaktifkan kamera ini. Kamera beresolusi 20MP ini juga dilengkapi fitur merekam slow-motion. 

(Baca: Xiaomi Tak Tetapkan Target Penjualan Kuartal II 2020 Karena Pandemi)

Alvin mengatakan, Poco F2 Pro memiliki baterai sebesar 4700mAh dengan fitur pengisian daya cepat (fast charging) 30 watt. "Ponsel ini pun bisa mengisi ulang daya hingga 64% dalam 30 menit dan 100% dalam 63 menit," ujar dia. 

Dengan dukungan WiFi 6, ia melanjutkan, Poco F2 Pro memiliki konektivitas dengan kecepatan 9,6Gbps. Selain itu, POCO F2 Pro juga mengintegrasikan koneksi multi-link yang memungkinkan koneksi jaringan yang stabil dan maksimal di sepanjang waktu, baik melalui 2,4G Wi-Fi, 5G Wi-Fi, maupun data seluler.

Alvin mengatakan, ponsel ini memiliki empat varian warna yakni Neon Blue, Electric Purple, Cyber Grey. Khusus untuk varian warna Electric Purple dan Cyber Grey, ia melanjutkan, ponsel dilengkapi dengan lapisan matte anti-glare.

Sebagai informasi, Poco F2 Pro yang beredar di Indonesia terdiri dari dua variasi RAM dan ROM, yaitu 6GB+128GB dan 8GB+256GB, masing-masing dijual seharga Rp6,9 juta dan Rp7,9 juta Ponsel ini bakal mulai tersedia pada 16 Juli 2020 mendatang pukul 12.00 WIB di JD.Id, Mi.com, dan Mi Authorized Store.

(Baca: Xiaomi Klaim Belum Terdampak Aksi Boikot Produk Tiongkok di India)

 

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait