Prediksi Beragam IHSG Dipengaruhi Virus Corona, Ini Saham Pilihannya

Virus corona masih menjadi berita utama yang mempengaruhi perekonomian dan bursa global.
Image title
3 Februari 2020, 07:54
ihsg hari ini, rekomendasi saham, saham pilihan
IHSG hari ini, Senin (3/2) diprediksi beragam seiring dengan meluasnya penyebaran virus corona di dunia.

Sejumlah analis memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan ini, Senin (3/2), masih berpotensi untuk melanjutkan koreksi dipengaruhi oleh sentimen virus corona. Adapun IHSG sepekan lalu turun hingga 304,06 poin atau 4,87% ke level 5.940,05.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan bahwa penyebaran virus corona yang semakin meluas di dunia masih akan menjadi berita utama yang diprediksi akan memukul pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan global.

Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan epidemi virus corona sebagai darurat global. Hingga saat ini virus corona telah menyebabkan 250 orang meninggal dunia, dan menginfeksi lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia.

"Kami berharap ada rebound pada IHSG karena telah berada di level support 5.939. Namun melihat tekanan indeks global akibat wabah virus corona yang menyebar dengan cepat, IHSG sangat mungkin turun kembali pekan ini," kata Hans dalam risetnya pagi ini.

Advertisement

(Baca: Digoyang Sentimen Virus Corona, IHSG Turun ke Bawah 6.000)

Menurut analisis teknikalnya, IHSG pekan ini akan bergerak dengan level support antara 5.900 - 5.767, sedangkan level resisten IHSG pada rentang 6.000 - 6.152.

Senada, analis Artha Sekuritas Dennies Christopher Jordan secara teknikal memprediksi IHSG hari ini melanjutkan koreksinya. "Tren koreksi masih akan berlanjut namun tren ini akan mulai terbatas," ujarnya.

Dia memprediksi IHSG akan bergerak dengan level support antara 5.892 - 5.843, sedangkan level resistennya di rentang 6.034 - 6.127. Adapun beberapa saham yang dia sarankan agar diperhatikan oleh investor antara lain Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dengan rekomendasi jual atau cutloss karena akan mengalami koreksi.

Kemudian Barito Pacific Tbk (BRPT) yang dia prediksi hari ini harganya berpotensi untuk naik, serta Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) yang diprediksi akan bergerak dalam tren bullish atau naik.

Sementara itu analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memprediksi IHSG hari ini bergerak mencoba menguat teknikal rebound. "IHSG akan mencoba bertahan di atas level 5.900 dengan level support dan resisten di antara 5.900 - 6.700," ujarnya.

(Baca: Investor Cermati Dampak Corona ke Ekonomi, IHSG Diprediksi Bervariasi)

Beberapa saham yang dia rekomendasikan agar diperhatikan investor pada perdagangan hari ini di antaranya TBLA, Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), WIKA Beton Tbk (WTON), Japfa Comfeed Tbk (JPFA), Barito Pacific Tbk (BRPT), Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP), Jasa Marga Tbk (JSMR), dan Astra International Tbk (ASII).

Sejalan dengan Lanjar, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji juga memprediksi IHSG hari ini rebound. "Secara teknikal IHSG sudah oversold, dengan demikian potensi rebound masih terbuka lebar sehingga berpeluang menunju ke resisten terdekat," ujarnya.

Adapun berdasarkan analisis teknikalnya, level support IHSG hari ini berada pada rentang 5.885,34 - 5.840,94. Sedangkan level resisten pada rentang 5.988,87 - 6.022,60. Beberapa saham yang dia rekomendasikan kepada investor pada perdagangan hari ini di antaranya Adhi Karya Tbk (ADHI), Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN).

Selain itu Nafan juga merekomendasikan agar investor memperhatikan saham H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), Vale Indonesia Tbk (INCO), Japfa Comfeed Tbk (JPFA), serta Semen Indonesia Tbk (SMGR).

(Baca: Dipengaruhi Virus Corona, IHSG Turun 0,91% Ikuti Kejatuhan Bursa Asia)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait