IHSG Diramal Turun Lagi Dibayangi Profit Taking, Ini Saham Pilihannya

Image title
5 Juni 2020, 06:38
ihsg hari ini, prediksi ihsg, saham pilihan, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
IHSG akhir pekan ini, Jumat (5/6), diprediksi akan melanjutkan koreksinya pada Kamis (4/6). Aksi ambil untung atau profit taking investor akan membayangi laju IHSG yang telah naik hingga 8% dalam sepekan terakhir.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi turun pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (5/6). Indeks akan melanjutkan laju koreksinya kemarin sebesar 0,49% ke level 4.916,7.

Analis menilai bahwa perdagangan hari ini diwarnai aksi ambil untung atau profit taking para investor. Pasalnya, dalam sepekan terakhir, IHSG sedang dalam tren positif, naik hingga 8%.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan bahwa hari ini IHSG bakal terkoreksi jangka pendek. Berdasarkan analisisnya, IHSG akhir pekan bergerak pada rentang support dan resistance di rentang 4.835 hingga 4.960.

"Selanjutnya sentimen akhir pekan akan menentukan pergerakan ekuitas global yang dibayangi aksi ambil untung setelah mengalami penguatan yang cenderung optimis," katanya.

(Baca: Setelah Reli Selama Enam Hari, IHSG Ditutup Melemah 0,49% di 4.916,7)

Saham-saham pilihan Lanjar yang masih dapat dicermati investor di antaranya Adhi Karya (ADHI), Vale Indonesia (INCO), PP London Sumatra Indonesia (LSIP), Mitra Adiperkasa (MAPI), Medco Energi Internasional (MEDC), Salim Ivomas Pratama (SIMP), Solusi Bangun Indonesia (SMCB), dan Tower Bersama Infrastructure (TBIG).

Senada, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan pun memperkirakan secara teknikal IHSG hari ini turun dengan level support di rentang 4.872 hingga 4.828. Sementara, level resistance di rentang 4.872 hingga 4.828.

Menurutnya aksi profit taking masih akan berlanjut karena kenaikan IHSG telah level jenuh beli. "Investor masih cukup optimis perekonomian akan segera pulih. Namun, masih banyak faktor faktor eksternal dan ketidakpastian yang membayangi pergerakan," ujar Dennies dalam risetnya.

Beberapa rekomendasi saham pilihan yang menurutnya layak untuk dipantau oleh investor pada perdagangan hari ini, di antaranya Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Wijaya Karya (WIKA), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), dan Barito Pacific (BRPT).

(Baca: OJK Sebut Aturan Baru Perdagangan Bursa Menopang Tren Penguatan IHSG)

Setali tiga uang, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga menilai bahwa IHSG hari ini bakal terkoreksi. "Potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support," katanya.

Berdasarkan analisisnya secara teknikal, area support berada di rentang 4.865 hingga 4.778. Sementara itu, area resistance diprediksi berada di rentang level 4.975 hingga 5.097.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain Astra Agro Lestari (AALI), Indika Energy (INDY), Indah Kiat Pulp and Paper (INKP), Pembangunan Perumahan (PTPP), dan Waskita Beton Precast (WSBP).

(Baca: Saham 4 BUMN Konstruksi Melonjak Dua Digit, IHSG Sesi I Naik 0,85%)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait