Jokowi Sebut Desainer Akan Senang Lihat Lokasi Ibu Kota Baru

Dimas Jarot Bayu
21 Desember 2019, 09:44
sayembara desain ibu kota baru, finalis sayembara desain ibu kota baru, Jokowi, Kalimantan Timur, Sepaku,
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo membawa motor chopper bobber garapan Katros Garage untuk melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini para desainer akan menyukai lokasi ibu kota baru yang berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebab, Jokowi menilai lokasi ibu kota baru akan memudahkan mereka untuk memperbaiki konsep tata kota yang ada.

Jokowi menyampaikan hal tersebut ketika menyimak presentasi dari lima finalis yang mengikuti sayembara desain ibu kota negara di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (20/12). Kelima finalis itu terpilih dari 755 peserta sayembara desain ibu kota yang dilakukan pemerintah.

“Di Sepaku itu memang lokasi perbukitan yang kalau bapak-ibu sekalian nanti melihat ke sana, pasti senang sekali,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Tak Ingin Ibu Kota Baru Hanya Dihuni PNS dan Diplomat )

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi kembali menyampaikan bahwa pembangunan ibu kota baru tak semata-mata memindahkan lokasi dan pembangunan dari Jakarta. Lebih dari itu, Jokowi menyebut pemerintah ingin memindahkan sistem di ibu kota baru. Pemerintah ingin mengubah budaya kerja. “Sehingga kita harapkan kita memiliki sebuah konsep yang visioner,” kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah tak hanya ingin membangun kota pintar dan terpadu di ibu kota baru. Namun, pemerintah ingin juga membangun berbagai klaster di sana.

Beberapa klaster yang ingin dibangun di ibu kota baru, yakni pemerintahan, pendidikan, kesehatan, riset, inovasi, dan finansial. “Sehingga dari sini kita ingin ada sebuah transformasi ekonomi dari ekonomi yang kita miliki sekarang ini masuk kepada smart economy,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...