Menu Diet Sehat Seminggu yang Sederhana untuk Dicoba

Image title
10 November 2021, 13:49
Beragam buah dan sayuran dapat dikonsumsi sebagai menu diet sehat
Unsplash/Anna Pelzer
Beragam buah dan sayuran dapat dikonsumsi sebagai menu diet sehat

Bagi sebagian orang, melakukan diet merupakan pilihan untuk menurunkan berat badan. Pada dasarnya, diet sehat adalah diet yang tidak menyiksa tubuh. Diet sehat juga tidak dilakukan berlebihan dan tetap mempertimbangkan asupan nutrisi yang cukup.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menu diet sehat membantu melindungi dari malnutrisi serta penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik berpotensi menyebabkan penyakit.

Dengan konsumsi makanan sehat dan berolahraga, Anda dapat menjaga tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Kombinasi menu diet sehat dan olahraga dapat bermanfaat untuk tubuh.

Menu Diet Sehat Seminggu

Ragam menu diet berikut dirangkum dari buku Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat oleh Go Dok. Ini pilihan menu diet sehat seminggu yang sederhana untuk dicoba.

1. Senin

Menu diet sehat untuk hari Senin terdiri dari:

  • Roti gandum: Pilihan yang baik untuk makan pagi. Roti gandum utuh berlimpah gizi dan serat, serta membuat tubuh tetap kenyang lebih lama. Untuk menambah rasa, Anda dapat mengoleskan selai kacang.
  • Tomat: Konsumsi tomat baik untuk tubuh karena mengandung vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Tomat dapat dicuci lalu langsung dimakan atau diolah terlebih dahulu.
  • Oat: Kandungan oat terdiri dari serat, karbohidrat, dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Oat dapat dijadikan pengganti nasi yang sama mengenyangkan.

2. Selasa

Menu diet sehat untuk hari Selasa terdiri dari:

  • Beras merah: Ganti nasi putih Anda dengan beras merah karena lebih banyak mengandung nutrisi. Nasi merah mampu memenuhi asupan karbohidrat tanpa kandungan gula yang tinggi. Kandungan serat dan protein juga baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan.
  • Tumis sayur: Gunakan sayur kesukaan Anda. Misalnya, kangkung, kacang panjang, wortel, dan sebagainya. Saat menumis, gunakan minyak zaitun atau mentega rendah lemak agr makanan tidak mengandung lemak berlebih.
  • Jus jambu: Minum jus jambu dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, serta memelihara fungsi peredaran darah.

3. Rabu

Untuk hari Rabu, berikut menu diet sehat yang dapat Anda coba.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...