8 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Kelebihan berat badan dapat diatasi menggunakan cara menurunkan berat badan secara alami. Bahan yang dikonsumsi berasal dari tanaman sehingga aman dan terbukti oleh penelitian.
Image title
7 September 2021, 19:10
Ilustrasi cara menurunkan berat badan secara alami
parade.com
Ilustrasi cara menurunkan berat badan secara alami

Alam telah menyediakan beragam tanaman yang memiliki khasiat, termasuk untuk menurunkan berat badan. Di Indonesia, terdapat sekitar 30 ribu hingga 50 ribu tanaman pada tahun 2015 dan 7.500 di antaranya dapat digunakan untuk tanaman obat menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Beberapa tanaman tersebut dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan secara alami. Kelebihan berat badan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, hingga kematian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pola makan dan gaya hidup adalah dua faktor utama yang sering membuat berat badan naik. Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini merupakan cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat Anda coba.

1. Paprika Merah

Sebuah studi tahun 2014 dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi paprika merah merasakan lebih rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan berlebih. Hasil penelitian menunjukkan, kandungan capsaicin dalam paprika merah mampu menekan nafsu makan Anda.

Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan asupan kalori dan menurunkan berat badan secara alami. Penelitian menunjukkan capsaicin meningkatkan metabolisme sekitar 8 persen di atas tingkat normal seseorang.

Paprika merah dapat dikonsumsi dengan menambahkan dalam masakan. Cara lain adalah minum kapsul tiga kali sehari. Anda juga dapat membuat minuman menggunakan 1 sendok teh bubuk paprika merah dalam 1 cangkir air dan diminum beberapa kali sehari.

2. Kopi hitam Tanpa Gula

Kopi adalah minuman sehat yang sarat dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Minum kopi dapat menurunkan berat badan secara alami dengan meningkatkan energi dan jumlah kalori yang dibakar menurut penelitian dalam jurnal Psychopharmacology.

Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11% dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50%. Selain itu, kopi hitam sangat dapat membuat Anda merasa kenyang dan hampir tidak mengandung kalori.

Untuk menurunkan berat badan, minum 3 cangkir (720 ml) kopi per hari sambil membatasi asupan kalori. Meskipun dapat mengakibatkan penurunan berat badan jangka pendek, minum kopi bukan diet yang sehat dalam jangka panjang.

3. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang terbuat dari tanaman Zingiber officinale. Jahe sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai macam masalah kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Sebuah ulasan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition dari 14 penelitian pada manusia menunjukkan bahwa suplemen dengan jahe secara signifikan menurunkan berat badan dan lemak perut.

Kandungan jahe mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan produksi panas dari pembakaran kalori sehingga ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami.

4. Ginseng

Ginseng adalah tanaman dengan khasiat meningkatkan kesehatan yang sering dianggap sebagai bahan pokok dalam pengobatan tradisional di Asia, termasuk Korea, Cina dan Indonesia.

Satu studi dalam Journal of Ginseng Research menemukan bahwa mengonsumsi ginseng dua kali sehari selama delapan minggu mampu menurunkan berat badan secara alami. Ginseng juga memperbaiki asupan makanan, pengurangan lemak, dan metabolisme.

Ginseng bisa dimakan mentah atau dikukus sebentar untuk melunakkannya. Anda juga bisa merebus ginseng. Caranya, tambahkan air panas ke ginseng yang baru diiris dan biarkan selama beberapa menit.

5. Teh Hijau

Minum teh hijau terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Kafein dan katekin yang dikandungnya telah terbukti meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.

Secara keseluruhan, penelitian dalam The Journal of the American College of Nutrition dan European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat membantu membakar 75-100 kalori per hari.

Minum 2-3 cangkir teh hijau sehari sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Jumlahnya akan bervariasi tiap orang, tergantung pada seberapa banyak kafein yang dikonsumsi dan metabolisme alami.

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, minum teh hijau tepat setelah makan. Tetapi, tidak cocok untuk yang memiliki perut sensitif karena teh hijau bersifat basa dan merangsang sekresi cairan lambung. Para ahli menyarankan untuk minum teh hijau di pagi dan sore hari.

6. Jeruk Nipis

Dalam Iranian Red Crescent Medical Journal, air jeruk nipis mampu menurunkan berat badan secara alami. Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme sehingga membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Minum air jeruk nipis saat perut kosong di pagi hari memberikan sejumlah manfaat kesehatan, meliputi merangsang saluran pencernaan, mengandung antioksidan, serta sumber magnesium dan potasium yang baik.

7. Air Ketumbar

Ketumbar telah diteliti dalam Journal of Food Science and Technology. Hasilnya memperlihatkan air rempah ini dapat merangsang enzim untuk meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan. Ada pula fungsi mengurangi lemak yang tidak diinginkan dan mengobati diabetes karena kaya antioksidan dan vitamin yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk membuat air ketumbar, Anda hanya perlu merendam 1 sendok makan biji ketumbar dalam 1 gelas air minum, semalaman. Di pagi hari, saring bijinya dan minum airnya. Anda dapat mengeringkan bijinya dan kemudian menggunakannya untuk memasak, seperti biasa.

Air ketumbar juga dapat diminum saat panas. Caranya, rebus 1 sendok makan biji ketumbar dalam air selama 5 menit. Rebus selama beberapa menit hingga air agak berkurang setengahnya. Saring biji ketumbar dan minum saat masih hangat.

8. Jamu Aaintifik Penurun Berat Badan

Jamu saintifik adalah ramuan yang telah terbukti secara klinis aman dan berkhasiat. Kementerian Kesehatan dalam buku Jamu Saintifik membahas ragam jamu, termasuk jamu saintifik untuk menurunkan berat badan.

Ramuan yang terdiri dari daun jati belanda, kemuning, akar kelembak, dan daun tempuyung efektif menurunkan berat badan sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu menurut penelitian dalam Jurnal Kefarmasian Indonesia.

Penelitian oleh Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional tersebut menggunakan subjek pasien  obesitas. Ramuan dibuat dengan cara  merebus bahan dalam air mendidih selama 15 menit. Cara lain adalah dengan menyeduh serbuk jamu dalam air mendidih.

Daun jati belanda, kemuning, akar kelembak, dan daun tempuyung memiliki sejumlah senyawa yang sangat baik untuk membantu penyerapan lemak dan menurunkan berat badan. Ramuan tersebut dapat diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Aturan cara penggunaan jamu yakni satu kemasan jamu diseduh dengan satu gelas (200  cc) air mendidih hingga larut, kemudian tunggu hingga sebagian serbuk mengendap lalu diminum.

Itulah ragam pilihan untuk menurunkan berat badan secara alami. Dengan adanya penelitian yang mendukung, cara tersebut dapat digunakan dengan aman. Tetapi, jangan konsumsi berlebihan dan segera konsultasi ke dokter apabila ada efek samping.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait