Karnivora adalah Hewan Pemakan Daging, Ini Ciri-Ciri dan Contohnya

Image title
31 Januari 2022, 09:29
Singa termasuk hewan karnivora. Karnivora adalah hewan pemakan daging.
Unsplash/Zdenek Machacek
Singa termasuk hewan karnivora

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibedakan menjadi herbivora, karnivora, omnivora, dan insektivora. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan karnivora adalah hewan pemakan daging. Sedangkan omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan lainnya (daging) dan insektivora adalah hewan pemakan serangga.

Karnivora adalah hewan pemakan daging yang sumber makanannya berasal dari hewan lain atau pemakan hewan lain. Gelar Soetopo dalam Kuark menjelaskan bahwa kata karnivora berasal dari bahasa Latin, yaitu carne yang berarti 'daging' dan vorare berarti 'memakan'.

Jadi, karnivora adalah kelompok hewan yang hanya memakan bagian tubuh dari hewan lainnya, seperti telur, tulang, daging, dan darah. Contoh hewan karnivora adalah singa, harimau, serigala, dan burung elang.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Ciri-ciri hewan karnivora yaitu:

  • Mempunyai kuku atau cakar tajam yang berfungsi untuk mencengkeram mangsa.
  • Memiliki gigi taring yang berperan untuk merobek daging.
  • Memiliki kecepatan lari yang menarik supaya bisa mengejar serta memburu mangsanya.
  • Memiliki racun atau dapat untuk melemahkan mangsa korbannya.
  • Memiliki indra penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang peka sehingga dapat memburu mangsa dengan cepat.

Dalam rantai makanan, karnivora menduduki tingkat tropik tertinggi atau disebut juga sebagai konsumen puncak atau konsumen III.

Contoh Hewan Karnivora Kelompok Mamalia

Mamalia adalah hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki ciri utama berupa kelenjar susu. Menurut Buku Pintar Hewan, hingga saat ini, telah dikenali lebih 5.000 genus mamalia yang tersebar dalam 425 keluarga dan 46 ordo.

Kata mamalia berasal dari bahasa Latin, yaitu mammae yang berarti 'susu'. Mamalia berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan (vivipar) dan bertelur (ovipar). Beberapa mamalia tergolong hewan karnivora karena memakan hewan lain.

Contoh mamalia karnivora adalah singa, beruang kutub, harimau, serigala, dan anjing laut. Pada mamalia karnivora , beberapa gigi depan telah beradaptasi membentuk carnassial, yaitu gigi dengan cara kerja seperti gunting yang dapat memotong daging.

Adapun contoh hewan karnivora kelompok mamalia dijelaskan sebagai berikut.

1. Beruang Kutub

Beruang kutub adalah hewan mamalia pemakan daging. Sebagaimana dijelaskan dalam Buku Pintar Hewan, seekor beruang kutub dewasa membutuhkan asupan lemak sebesar dua kilogram per hari untuk dapat bertahan hidup di suhu yang dingin.

Sumber makanan beruang kutub adalah ikan dan anjing laut. beruang kutub memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan dapat mencium bau bangkai ikan atau anjing laut dari jarak 32 km.

2. Singa

Singa termasuk mamalia karnivora. Menurut buku Mamalia: Lebih Dekat dengan Makhluk Menyusui, singa adalah pemangsa terbesar di Afrika.Tubuh singa jantan lebih besar daripada singa betina.

Panjang singa jantan mencapai 2,7 meter dari kepala hingga ujung ekor dengan berat antara 200 hingga 259 kg. Singa jantan memiliki surai yang panjang dan lebat di lehernya, sedangkan singa betina tidak memiliki surai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...