Cara Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu untuk Pemula

Image title
19 Juli 2022, 14:46
Ilustrasi, cara belajar bahasa Inggris lewat lagu
Unsplash/ Dillon Shook
Ilustrasi, cara belajar bahasa Inggris lewat lagu

Mendengarkan lagu merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Lirik lagu mengandung kosakata bahasa Inggris yang dapat dipelajari untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berbahasa.

Selain itu, mendengarkan musik dapat mengurangi stres saat belajar bahasa Inggris. Menurut hasil penelitian Januari 2008 dalam jurnal Applied Psychophysiology and Biofeedback, musik terbukti menurunkan kecemasan dan kemarahan serta meningkatkan relaksasi.

Dengan demikian, belajar bahasa Inggris lewat lagu dapat membawa banyak manfaat. Untuk mendapatkan hasil optimal, simak tips belajar bahasa Inggris lewat lagu berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Berikut beberapa cara belajar bahasa Inggris lewat lagu yang dapat dicoba.

1. Dengarkan lagu bahasa Inggris secara teratur

Cara paling sederhana untuk belajar bahasa Inggris lewat lagu yaitu dengan mendengarkannya secara teratur. Ada banyak pilihan lagu dalam bahasa Inggris, pilihlah yang sesuai dengan selera. Atur jadwal mendengarkan lagu setiap hari, seperti saat dalam perjalanan ke kantor atau berolahraga.

Mendengarkan lagu bahasa Inggris dapat dimulai sejak dini. Faktanya, sebuah penelitian dalam Journal of Child Language mengamati 36 bayi dari waktu ke waktu. Hasilnya, bayi yang mendengar banyak nyanyian orang tua pada usia 6 bulan cenderung memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik pada usia 14 bulan.

Musik membantu untuk menguasai kosakata dan ekspresi dengan lebih efektif. Irama musik, serta pola berulang dalam lagu, membantu dalam menghafal kata-kata. Anak-anak bilingual khususnya dapat memperoleh manfaat dari menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Inggris.

2. Pelajari lirik dan kosakata dalam lagu bahasa Inggris

Penggunaan lagu bahasa Inggris dapat meningkatkan kualitas kosa kata dalam proses belajar. Hal itu terjadi karena lagu dapat merangsang siswa untuk mempelajari kata-kata baru yang telah mereka dengarkan. Menurut penelitian tahun 2008 dalam Songs and Rhymes in Language Teaching, siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran melalui lagu biasanya mengekspresikan diri dengan mudah dan memahami banyak kata-kata baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement