Enam Tol Baru untuk Mudik 2016

Oleh Widyanita, 14/6/2016, 20.09 WIB

Tol tambahan siap digunakan, baik secara operasional maupun fungsional sebagai pilihan alternatif jalur pemudik.

Unduh Infografik
Share

Memasuki musim mudik Hari Raya Idul Fitri 2016 pemerintah terus mempersiapkan infrastruktur jalan. Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H. Sumadilaga mengatakan enam jalan tol tambahan siap digunakan, baik secara operasional maupun fungsional sebagai pilihan alternatif jalur pemudik. Keenam tol tersebut mayoritas merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

(Baca: Tol Trans Jawa Akan Beroperasi 2018)

Salah satu jalan bebas hambatan yang siap dilewati selama musim mudik Lebaran tahun ini adalah Tol Pejagan-Brebes Timur di Provinsi Jawa Barat. Tol sepanjang 26 Km itu pada musim Lebaran kali ini akan beroperasi, setelah tahun lalu hanya dibuka sementara dengan kondisi jalan aspal berkerikil. Kini ruas tol tersebut sudah rampung dan menunggu diresmikan.

(Baca: Pemerintah Siapkan Antisipasi Banjir Arus Mudik)

Selain mulai mengoperasikan jalan tol baru, Kementerian PUPR tengah melakukan integrasi jalan tol, baik tunai maupun non-tunai pada ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan. Untuk persiapan menghadapi musim mudik, kondisi jalan di Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah pun telah diperiksa oleh Menteri PUPR pada 10 April 2016 dan target penyelesaian pekerjaan pada Juni 2016. Selanjutnya pada H-30 hingga H+10 Idul Fitri, pekerjaan utama di badan jalan akan dihentikan dengan kondisi fungsional dan akan diteruskan kembali setelahnya.