Publik Kian Puas terhadap Kinerja Jokowi

Image title
Oleh Widyanita
18 September 2016, 11:00

Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), yang dirilis September ini, menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah meningkat dibanding Oktober 2015. Peneliti CSIS, Arya Fernandes, mengungkapkan bahwa kenaikan kepuasan tersebut karena publik merasa nyaman dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

(Baca: Keyakinan Publik Atas Kepemimpinan Jokowi Meningkat)

Meski terjadi peningkatan, kepuasan publik di bidang ekonomi masih di bawah 50 persen. Sektor ini memang masih menjadi tantangan bagi pemerintah. Menurut Arya, publik belum yakin terhadap upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta iklim investasi.

(Baca: Pemerintah Jokowi Dinilai Masih Hadapi Risiko Perekonomian)

Selain merasa puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo, mayoritas publik yang disurvei juga optimistis terhadap masa depan Indonesia. Adapun bagi sebagian kecil yang pesimistis, penyebabnya adalah masih adanya kemiskinan, korupsi, dan pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Survei CSIS dilakukan pada 8-15 Agustus 2016 dengan sampel 1.000 orang yang diambil secara acak di 34 provinsi. Margin error pada survei itu adalah 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang disurvei adalah penduduk yang telah berusia di atas 17 tahun.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami