Kumpulan Contoh Teks Prosedur yang Mudah Dipahami

Siti Nur Aeni
26 November 2021, 14:21
Kumpulan Contoh Teks Prosedur yang Mudah Dipaham
Pixabay/StockSnap
Ilustrasi menulis teks prosedur

Kita mungkin pernah membaca resep makanan melalui buku atau website di internet. Resep yang kita baca itu sebenarnya merupakan contoh teks prosedur. Apa itu teks prosedur?

Menurut penjelasan di “e-Modul Bahasa Indonesia”, teks prosedur adalah teks yang isinya langkah-langkah melakukan sebuah kegiatan atau tindakan. Teks ini berguna untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang tata cara melakukan sesuatu.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya teks prosedur ini sangat dekat dengan kita. Saat kita membaca resep makanan, atau buku panduan sebuah produk, sebenarnya kita sedang membaca teks prosedur.

Ciri Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur sangat mudah dikenali. Adapun ciri ciri teks prosedur sebagai berikut:

  1. Menggunakan kata kerja perintah.
  2. Menggunakan konjungsi.
  3. Menggunakan kata-kata teknis.
  4. Berisi langkah-langkah.
  5. Kalimat disusun secara informatif.
  6. Kelimat jelas dan rinci.
  7. Sifatnya objektif.

Struktur Teks Prosedur

Selain ciri-ciri, teks prosedur juga memiliki beberapa struktur yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut penjelasan tentang struktur teks prosedur.

1. Tujuan

Bagian yang pertama yaitu tujuan. Pada bagian ini dijelaskan alasan teks tersebut dibuat. Tujuan biasanya ada di awal teks dan berperan sebagai pembuka tulisan sehingga biasanya dijelaskan juga terkait topik yang akan dibahas.

2. Langkah-langkah

Di bagian ini mulai diterangkan tahapan secara runtut. Biasanya dituliskan dalam bentuk poin agar lebih mudah dipahami. Tak hanya tahapannya saja, penulis juga biasanya menambahkan material atau alat bahan yang digunakan untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut.

3. Kesimpulan

Struktur teks prosedur yang terakhir yaitu kesimpulan atau penegasan ulang. Bagian ini sebenarnya bersifat opsional, artinya tidak harus ada dalam sebuah teks prosedur.

Contoh Teks Prosedur

Untuk lebih memahami tentang materi ini, berikut beberapa contoh teks prosedur.

Contoh Teks Prosedur 1

Cara Mendaftar Google Adsense YouTube

Sebagai salah satu produk Google, YouTube turut diikutsertakan dalam layanan Google Adsense. Jadi untuk para YouTuber, bisa memonetisasi channel YouTube yang dimiliki ketika sudah memenuhi syarat yang ditentukan Google. Adapun cara daftar Google Adsense YouTube, sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Google Chrome
  2. Mesuk ke Situs YouTube.
  3. Buka YouTube Studio dengan cara klik logo channel YouTube lalu pilih “YouTube Studio”.
  4. Pilih menu monetisasi yang ada di pojok kiri atas channel tersebut.
  5. Mengisi data dengan benar dan lengkap.
  6. Kirimkan data dan tunggu sampai pihak YouTube selesai meninjau data yang Anda kirimkan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  7. Cek berkala status monetisasi yang Anda ajukan. Jika pada daftar video sudah dilengkapi ikon dollar berwarna hijau, maka artinya permohonan adsense Anda disetuju.

Contoh Teks Prosedur 2

Cara Download Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp

Sertifkat vaksin adalah sertifikat yang dimiliki masyarakat yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa seseorang telah mendapatkan perlindungan dari ancaman virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...