Contoh Kalimat Saran, Ciri dan Perbedaannya dengan Kalimat Perintah

Image title
3 Desember 2021, 23:42
Memahaim contoh kalimat saran dan perbedaannya dengan kritik, dan kalimat perintah saran.
Unsplash/Gabrielle Henderson
Ilustrasi seseorang menulis.

Kalimat saran adalah jenis kalimat yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam komunikasi formal maupun non formal. Ciri kalimat saran yang paling mudah diidentifikasi adalah, dari penggunaan kosakata. 

“Agar tidak terlambat berangkat sekolah, sebaiknya kamu segera tidur”.

Kutipan tersebut adalah salah satu contoh kalimat saran, yang tentu saja sudah tidak asing. Kalimat saran adalah salah satu jenis kalimat yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Selain kalimat saran, ada pula kalimat perintah saran yang serupa tapi tak sama. Secara singkat, kalimat saran adalah bentuk pengungkapan yang merupakan opini atau harapan.

Tujuan dari kalimat saran, umumnya untuk perubahan atau menambah sudut pandang dalam melihat suatu masalah. Maka dari itu, contoh kalimat saran biasanya menggunakan padanan kata yang lebih halus, supaya mudah diterima oleh orang lain.

Namun, makna dari kalimat saran tidak melulu harus dilakukan dan bukan berupa paksaan, karena keputusan akhirnya tetap pada subjek atau orang yang diberikan saran.

Contoh Kalimat Saran

Sebelum masuk ke dalam ciri kalimat saran, simak beberapa contoh kalimat saran berikut ini.

  • Kalau memang sudah lapar, sebaiknya segera makan.
  • Saat ini sedang musim hujan, lebih baik bawa payung dan sandal.
  • Alangkah baiknya beristirahat sejenak, sebelum kita melanjutkan perjalanan.
  • Untuk menjaga diri dari virus Covid-19, alangkah baiknya tetap menjaga protokol kesehatan
  • Saat sedang belajar, lebih baik jauhkan ponsel supaya tidak memecah konsentrasi.

Ciri Kalimat Saran

Setelah memahami contoh kalimat saran di atas, berikutnya adalah membedah apa saja ciri kalimat saran. Memahami ciri kaimat saran, akan membantu Anda membedakan dengan kritik dan kalimat perintah saran.

Ciri kalimat saran yang pertama adalah, adanya kosakata yang menjadi penanda, baik di awal kalimat atau di tengah kalimat. Kosakata yang umum digunakan pada kalimat saran, antara lain: sebaiknya, alangkah baiknya, seharusnya, lebih baik, dan saya harap.

Kalimat saran memang umum dipakai dalam komunikasi sehari-hari. Namun, kalimat saran juga biasa digunakan pada teks argumentasi, tajuk rencana hingga resensi. Ciri kalimat saran berikutnya adalah penggunaan tanda baca. Kalimat saran tidak memakai tanda seru (!)  di akhir kalimat, dan hanya diakhiri tanda baca titik. Tanda baca ini cukup krusial, karena akan membedakan kalimat saran dan kalimat perintah saran.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement