Contoh Kalimat Saran, Ciri dan Perbedaannya dengan Kalimat Perintah

Memahami contoh kalimat saran dan perbedaannya dengan kritik, dan kalimat perintah saran.
Image title
3 Desember 2021, 23:42
Memahaim contoh kalimat saran dan perbedaannya dengan kritik, dan kalimat perintah saran.
Unsplash/Gabrielle Henderson
Ilustrasi seseorang menulis.

Kalimat saran adalah jenis kalimat yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam komunikasi formal maupun non formal. Ciri kalimat saran yang paling mudah diidentifikasi adalah, dari penggunaan kosakata. 

“Agar tidak terlambat berangkat sekolah, sebaiknya kamu segera tidur”.

Kutipan tersebut adalah salah satu contoh kalimat saran, yang tentu saja sudah tidak asing. Kalimat saran adalah salah satu jenis kalimat yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Selain kalimat saran, ada pula kalimat perintah saran yang serupa tapi tak sama. Secara singkat, kalimat saran adalah bentuk pengungkapan yang merupakan opini atau harapan.

Advertisement

Tujuan dari kalimat saran, umumnya untuk perubahan atau menambah sudut pandang dalam melihat suatu masalah. Maka dari itu, contoh kalimat saran biasanya menggunakan padanan kata yang lebih halus, supaya mudah diterima oleh orang lain.

Namun, makna dari kalimat saran tidak melulu harus dilakukan dan bukan berupa paksaan, karena keputusan akhirnya tetap pada subjek atau orang yang diberikan saran.

Contoh Kalimat Saran

Sebelum masuk ke dalam ciri kalimat saran, simak beberapa contoh kalimat saran berikut ini.

  • Kalau memang sudah lapar, sebaiknya segera makan.
  • Saat ini sedang musim hujan, lebih baik bawa payung dan sandal.
  • Alangkah baiknya beristirahat sejenak, sebelum kita melanjutkan perjalanan.
  • Untuk menjaga diri dari virus Covid-19, alangkah baiknya tetap menjaga protokol kesehatan
  • Saat sedang belajar, lebih baik jauhkan ponsel supaya tidak memecah konsentrasi.

Ciri Kalimat Saran

Setelah memahami contoh kalimat saran di atas, berikutnya adalah membedah apa saja ciri kalimat saran. Memahami ciri kaimat saran, akan membantu Anda membedakan dengan kritik dan kalimat perintah saran.

Ciri kalimat saran yang pertama adalah, adanya kosakata yang menjadi penanda, baik di awal kalimat atau di tengah kalimat. Kosakata yang umum digunakan pada kalimat saran, antara lain: sebaiknya, alangkah baiknya, seharusnya, lebih baik, dan saya harap.

Kalimat saran memang umum dipakai dalam komunikasi sehari-hari. Namun, kalimat saran juga biasa digunakan pada teks argumentasi, tajuk rencana hingga resensi. Ciri kalimat saran berikutnya adalah penggunaan tanda baca. Kalimat saran tidak memakai tanda seru (!)  di akhir kalimat, dan hanya diakhiri tanda baca titik. Tanda baca ini cukup krusial, karena akan membedakan kalimat saran dan kalimat perintah saran.

Ciri kalimat saran berikutnya adalah intonasi nada yang menurun atau rendah di akhir kata. Lebih lanjut, kalimat saran menggunakan susunan inversi, yang urutannya tidak melulu mengungkapkan subjeknya.

Perbedaan Kalimat Saran dengan Kritik

Telah disinggung sebelumnya, kalimat saran dan kritik adalah dua hal yang berbeda. Begitu juga kalimat saran dengan kalimat perintah saran. Kalimat saran sifatnya lebih halus dan bernuansa positif. Sementara, kritik sifatnya lebih keras, menilik definisi kritik dalam kamus besar bahasa Indonesia alias KBBI, yaitu kecaman atau tanggapan yang kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat dan sebagainya.

Kalimat saran tidak harus dikuti tindak lanjut dari subjeknya. Sebaliknya, kritik memiliki tujuan untuk mengoreksi, sehingga terjadi tindak lanjut dari subjek yang dituju. Meski kritik sifatnya lebih menuntut untuk terjadinya perubahan, tapi bukan berarti kritik tidak bisa disampaikan dengan nuansa yang lebih positif, seperti kalimat saran.

Kalimat Perintah Saran

Meskipun terkesan serupa, kalimat perintah saran memiliki beberapa perbedaan dengan kalimat saran. Sebagai informasi, kalimat saran dan kalimat perintah saran sama-sama masuk ke dalam kategori kalimat imperatif.

Kalimat imperatif, menurut buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa, terbagi menjadi beberapa jenis yaitu suruhan, larangan, perintah halus, permohonan, ajakan, dan pembiaran.

Kalimat saran dan kalimat perintah saran boleh jadi mirip, tapi keduanya punya makna dan tujuan yang berbeda. Secara sederhana, kalimat saran bisa berbentuk perintah, yang tidak wajib untuk dilakukan. Sedangkan kalimat perintah saran adalah instruksi langsung yang harus ditindaklanjuti oleh subjek.

Contoh Kalimat Perintah Saran

Setelah melihat beragam contoh kalimat saran, pengertian serta ciri kalimat saran, kini masuk ke dalam contoh kalimat perintah saran. Karena kemiripan antara keduanya, wajar bila ada yang bingung antara kalimat saran dan kalimat perintah saran.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat perintah saran, yang jika diperhatikan secara lebih detail, akan ketemu perbedaannya dengan kalimat saran.

  • Anak-anak, sebaiknya malam ini kalian tidur lebih cepat, supaya besok tidak kesiangan dan terlambat.
  • Lebih baik kita pulang ke rumah sekarang, aku tidak mau nanti kehujanan di jalan.
  • Seharusnya kamu menghubungiku terlebih dahulu, sebelum pergi ke rumahku.
  • Saat ini sudah pukul sembilan malam, lebih baik kalian segera pulang sebelum larut malam.
  • Sudah kubilang, seharusnya kamu pakai jaket karena cuaca di sini dingin sekali.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait