Prolog Adalah Pengantar Teks dalam Naskah, Ini Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 17:39
Drama Korea Terbaik Hometown Cha-Cha-Cha di Netflix yang memiliki prolog terbaik. Prolog adalah pengantar teks dengan satu atau lebih deskripsi atau pendapat penulis tentang cerita yang akan disajikan.
Youtube Netflix
Drama Korea Terbaik Hometown Cha-Cha-Cha di Netflix yang memiliki prolog terbaik.

Pada karya sastra, prolog menjadi unsur penting karena menjadi pendahuluan. Umumnya, isi prolog menjelaskan mengenai tokoh-tokoh dan pemeran, konflik yang terjadi dan sinopsi lakon pada suatu karya sastra.

Penjelasan Singkat Prolog

Dalam sastra, prolog adalah pengantar dari suatu naskah yang dapat berupa dialog atau kilas balik dari suatu peristiwa yang terjadi dalam cerita. Pada dasarnya prolog sifatnya tidak wajib. Namun dengan adanya prolog yang baik akan membuat pembaca semakin tertarik dan penasaran dengan isi cerita suatu karya sastra.

Dapat diartikan prolog adalah pengantar teks dengan satu atau lebih deskripsi atau pendapat penulis tentang cerita yang akan disajikan. Apakah itu dapat ditafsirkan, prolog adalah acara sementara atau sementara.

Dalam naskah cerita, fungsi prolog adalah menjadi penjelas dan pengungkap situasi. Prolog telah disusun untuk mencoba mendapatkan perhatian pembaca terhadap konten dalam sebuah novel (novel), atau minat pada penonton (dalam pertunjukan drama atau teater). Itulah sebabnya prolog biasanya berisi ringkasan permainan dalam sebuah drama, pengantar tokoh dan konflik yang akan terjadi dalam cerita.

Dalam naskah drama, prolog adalah pembuka untuk sebuah drama yang isinya adalah alias dari pendapat penulis yang berbeda tentang kisah drama yang disapapabilan. Prolog memainkan peran penting dalam memainkan drama, karena ia bekerja untuk kepentingan besar pembaca untuk mengikuti drama dan baris tertulis dari drama tertulis. Itulah sebabnya prolog berisi permainan pilihan, perkenalan karakter dan karakter, dan konflik dalam sebuah drama.

Aneka Fungsi Prolog

Ada beragam fungsi prolog dalam penulisan naskah cerita. Antara lain:

1. Menjadi terma pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.
2. Agar bisa memperkenalkan para tokoh dan pemeran, konflik dan sinopsis lakon suatu cerita.
3. Demi menarik antusias perhatian pembaca dan membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.

Tata Cara Membuat Prolog

Prolog bisa dibuat dengan kreatifitas sendiri agar lebih menarik perhatian pembaca. Berikut tata cara yang bisa dilakukan untuk membuat prolog:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...