Negara Maritim adalah Kawasan Mayoritas Perairan, Ini Penjelasannya

Image title
10 Februari 2022, 15:59
Negara Maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
Negara Maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan.

Indonesia memiliki banyak julukan, salah satunya ialah negara maritim. Julukan tersebut lahir lantaran Nusantara, secara geografis merupakan negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan.

Mengutip Akademi Maritim Nusantara, hal tersebut dapat dilihat dari adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia, yang menjadikan Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Menurut data World Atlas, Kanada menjadi negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia mencapai 202.080 kilometer. Garis pantai di Kanada terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samudra Atlantik, serta bagian utara Samudra Arktik.

Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia mencapai 99.083 kilometer. Berikutnya Norwegia dengan garis pantai sepanjang 58.133 kilometer. Kemudian, garis pantai di Rusia dan Filipina masing-masing sepanjang 37.653 kilometer dan 36.289 kilometer.

Lantas, apa itu negara maritim dan kenapa Indonesia dijuluki Negara Maritim?

Pengertian Negara Maritim dan Ciri-cirinya

Ada beberapa definisi terkait negara maritim. Namun umumnya, negara maritim adalah julukan bagi negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan atau negara yang memanfaatkan secara optimal wilayah lautnya dalam konteks pelayaran.

Mengutip buku "The Influence of Sea Power upon History" oleh Alfred Thayer Mahan, sea power merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan suatu negara yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan dan keamanan suatu negara.

Beberapa kegiatan ekonomi negara maritim, di antaranya industri pembuatan kapal laut, menyediakan jasa penyeberangan kapal antar pulau dan negara, industri reparasi kapal, tol laut, industri pengiriman barang melalui jalur laut, aktivitas perekonomian pelabuhan, dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri negara maritim, yaitu:

  • Memiliki wilayah perairan lebih luas, yaitu sekitar dua per tiga dari wilayah daratan.
  • Memiliki banyak pulau yang dikelilingi laut atau perairan.
  • Memiliki sumber daya alam di bidang kelautan yang besar, yang menyangkut mineral, energi, dan sebagainya.
  • Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan atau bekerja di sektor bahari.

Indonesia Sebagai Negara Maritim

batas laut indonesia
batas laut indonesia (Katadata)

Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia punya kondisi geografis yang unik di antara negara di Asia Tenggara.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...