10 Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi dan Mudah Didapat

Siti Nur Aeni
9 November 2021, 10:32
10 Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi dan Mudah Didapat
pixabay.com
Buah bit yang kaya akan kalium untuk kesehatan

Kalium atau potasium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, saraf, kontraksi otot, dan mengatur keseimbangan cairan. Maka dari itu, konsumsi makanan yang mengandung kalium sangat dibutuhkan.

Menurut penjelasan di alodokter.com, kebutuhan kalium harian untuk setiap orang berbeda sesuai dengan jenis kelamin dan umurnya. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Umur 0 – 6 bulan = 400 mg
  2. Umur 7 – 12 bulan = 860 mg
  3. Umur 1 – 3 tahun = 2.000 mg
  4. Umur 4 – 8 tahun = 2.300 mg
  5. Laki-laki umur 9 – 13 tahun = 2.500 mg
  6. Laki-laki umur 14 – 18 tahun = 3.000 mg
  7. Laki-laki umur 19 – 50 tahun = 3.400 mg
  8. Laki-laki umur ≥ 50 tahun = 3.400 mg
  9. Perempuan umur 9 – 18 tahun = 2.300 mg
  10. Perempuan umur 19 – 50 tahun = 2.600 mg
  11. Perempuan umur ≥ 50 tahun = 2.600 mg

Manfaat Kalium untuk Kesehatan Tubuh

Apabila kalium terpenuhi, maka tubuh bisa lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Mengutip dari laman Alodokter, berikut beberapa manfaat kalium untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan hipertensi

Manfaat mineral kalium yang pertama yaitu bisa menurunkan darah tinggi. Mineral ini bisa meredakan dinding pembuluh darah. Makanan yang mengandung kalium juga bisa menurunkan kadar garam dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui urin.

2. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah

Selain menurunkan darah tinggi, kalium juga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, mineral ini juga mencegah asterosklerosis atau penyempitan pembulih darah arteri.

Tak hanya itu, kalium juga berguna untuk memelihara kesehatan saraf dan kekuatan otot. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kalium berkhasiat untuk mengurangi risiko gangguan irama jantung atau aritmia.

3. Menjaga fungsi sistem saraf

Manfaat potasium lainnya yaitu bisa membantu memelihara sistem saraf. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kekurangan kalium bisa menyebabkan gangguan saraf dan otak seperti sering kesemutan, mudah lupa, dan lemah otot.

4. Mengurangi risiko batu ginjal

Kalium berperan penting untuk mengikat kalsium dalam urin. Sehingga bisa membantu mencegah terjadinya endapan kalisum yang memicu terbentuknya batu ginjal. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang asupan kaliumnya tercukupi memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal, dibandingkan mereka yang kekurangan kalium.

5. Memelihara kepadatan tulang

Manfaat kalium lainnya yaitu bisa menjaga kepadatan tulang. Kalium berperan untuk meningkatkan penyerapan kalisum di tulang. Dengan demikian, kepadatan tulang tidak berkurang.

6. Mencegah risiko kram otot

Kram pada otot merupakan kondisi saat otot berkontraksi secara mendadak dan tidak dapat dikendalikan. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh tidak mengonsumsi kalium dengan cukup.

Mineral ini bisa membantu mengirimkan sinyal dari otak untuk merangsang kontraksi di otot dan membantu menyelesaikan kontraksi tersebut. Apabila kalium dalam tubuh rendah, maka otot tidak dapat memberikan sinyal secara akurat. Akibatkan otot terus mengalami kontraksi dan menyebabkan kram.

Makanan Tinggi Kalium

Mengetahui banyaknya manfaat dari kalium, sudah seharusnya kita mulai untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa makanan yang mengandung kalium.

1. Buah pisang

Pisang merupakan buah yang sangat populer dan mudah untuk dijumpai. Buah ini ternyata menjadi sumber kalium yang bisa dikonsumsi setiap harian. Dalam 100 gram pisang diketahui ada sekiar 392 kalium.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin dan mineral lain, seperti mangan, vitamin C, vitamin B6, magensium. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini juga cukup tinggi.

2. Buah alpukat

Manfaat alpukat memang sangat banyak, salah satunya sebagai pemenuh kebutuhan kalium harian. Buah ini diketahui mengandung serat, vitamin C, vitamin K, antioksidan, asam folat, dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...