Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian, Kegiatan dan Usaha Makanan

Image title
12 Desember 2022, 19:28
Contoh latar belakang proposal penelitian, kegiatan dan usaha.
Unsplash/Scott Graham
Ilustrasi pembuatan contoh latar belakang proposal penelitian, kegiatan dan usaha.

Dalam menghasilkan proposal yang bagus, Anda perlu memahami contoh latar belakang proposal yang baik dan benar. Dengan latar belakang proposal yang benar, proposal yang dibuat tidak akan mudah terbantahkan dan terlihat lebih kompeten.

Untuk mendukung penulisan proposal yang lebih kompeten, latar belakang harus disusun secara detail, disertai data atau fakta pendukung. Membuat latar belakang proposal bisa juga berupa perbandingan dan penyempurnaan atas topik sebelumnya.

Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian, Kegiatan dan Usaha Makanan

Membuat latar belakang proposal penelitian, kegiatan dan usaha sebetulnya tidak terlalu sulit jika paham untuk apa tujuannya, berikut contohnya melansir dari Saintif.com:

1. Proposal Penelitian Budidaya Spirulina 

Spirulina s.p merupakan mikroalga yang menyebar secara luas dan bisa ditemukan di beragam tipe lingkungan, baik di perairan payau, laut maupun tawar (Ciferri, 1983). Budidaya Spirulina s.p saat ini bermanfaat baik untuk sejumlah pengobatan.

Beberapa manfaatnya bisa dirasakan seperti untuk pengobatan anemia karena mengandung provitamin A yang tinggi dan sumber ß-karoten yang kaya dengan vitamin B12. Selain itu, Spirulina s.p. mengandung kalium, protein dengan kandungan Gamma Linolenic Acid (GLA) yang tinggi (Tokusoglu dan Uunal, 2006) dan vitamin B1, B2, B12 serta C (Brown et al., 1997).

Produktivitas sel Spirulina s.p dipengaruhi oleh delapan komponen besar faktor media. Di antaranya intensitas cahaya, temperatur, ukuran inokulasi, salinitas, muatan padatan terlarut, ketersediaan makro dan mikronutrien (C, N, P, K, S, Mg, Na, Cl, Ca, dan Fe, Zn, Cu, Ni, Co dan W) (Sanchez et al., 2008).

Mikronutrien diperlukan dalam pertumbuhan Spirulina s.p di antaranya Cu, Fe dan Zn. Unsur Fe diperlukan oleh tumbuhan untuk pembentukan klorofil, peroksidase, komponen enzim sitokrom dan katalase. Jika Spirulina s.p kekurangan unsur Fe maka akan mengalami klorosis (kekurangan klorofil).

Adapun unsur Zn diperlukan untuk sintesis triptofan, activator enzim dan mengatur pembentukan kloroplas serta amilum. Jika Spirulina Sp kekurangan unsur Zn maka bisa mengakibatkan klorosis serta warna Spirulina s.p jadi pucat.

Untuk pembentukan Fe dan Zn bisa diperoleh dengan cara elektrolisis air. Elektrolisis air merupakan peristiwa menguraikan gas hidrogen (H2) dengan menggunakan arus listrik yang melalui air dan senyawa air (H2O) menjadi gas oksigen (O2), (Achmad, 1992).

Gas H2 cukup potensial digunakan sebagai energi karena sifatnya yang ramah lingkungan (Bari dan Esmaeil, 2010). Dengan elektroda Fe dan Zn maka diperoleh ion Fe2+ dan Zn2+.

2. Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan masuknya budaya dari luar berdampak pada kurangnya minat dan perhatian pemuda terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia. Budaya asli milik Indonesia seperti tarian tradisional dan batik penting dilestarikan.

Pergeseran adat dan budaya juga telah merubah wajah anak-anak negeri yang lebih memilih budaya asing untuk dibanggakan. Masuknya budaya barat yang mendapat respon positif dari kalangan remaja tanpa adanya filter dan penyeimbang menyebabkan para remaja, pemuda dan sebagian masyarakat mengalami kerancuan dalam membedakan antara budaya asli dengan asing.

Melihat kondisi dan fakta di atas, penting bagi kita untuk memberikan perhatian lebih terhadap sejumlah permasalahan tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi kami sebagai organisasi Mahasiswa “Indonesia Sosial Komunitas” (INOSOKOM) menyelenggarakan kegiatan festival lintas kampus dan Pentas Seni Budaya.

3. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Dalam lingkup Prakarya dan Kewirausahaan atau PKWU, banyak kegiatan yang berkaitan dengan usaha, salah satunya cara membuat Makanan Pisang Crispy Isi Cokelat dari pisang. Kegiatan membuat makanan khas daerah ini tidak lepas dari PKWU.

Kegiatan PKWU tidak hanya dipahami sebatas pengertian saja, melainkan proses yang baik dan benar dalam membuat Makanan Khas Daerah seperti Pisang Crispy Isi Cokelat juga perlu untuk diperhatikan.

Dalam proses pembuatannya membutuhkan alat maupun bahan. Dengan membaca proposal tentang “Cara Membuat Pisang Cryspi Isi Cokelat” ini diharapkan bisa lebih mudah dalam memahami pengertian, proses dan alat serta bahan yang perlu disiapkan.

Dengan memahami contoh latar belakang proposal penelitian, kegiatan dan usaha makanan ini bisa Anda jadikan acuan agar tidak salah saat membuat proposal. Setiap jenis proposal tentunya memiliki aturan sendiri dalam pembuatan latar belakangnya sehingga perlu disesuaikan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait