17 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Siti Nur Aeni
10 September 2021, 23:10
17 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia
pixabay.com
Brokoli salah satu sayuran hijau yang bisa menambah darah

Apa Sih Penyebab Anemia? 

Seperti yang Anda tahu, darah memiliki peranan yang sangat penting bagi fungsi organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh darah yang memiliki tugas mengantarkan oksigen, nutrisi hingga vitamin ke seluruh tubuh, fungsi tersebut adalah tugas hemoglobin.

Ketika produksi hemoglobin tidak berjalan dengan baik, akan sangat menghambat penyaluran oksigen, nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Jika zat besi rendah, maka hemoglobin juga ikut turun. Hal tersebut yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit anemia.

Adapun jenis zat besi yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi, yaitu: 

Heme : Zat besi jenis ini berasal dari hemoglobin. Biasanya terdapat dalam makanan hewani, seperti ikan, daging merah dan daging unggas.

Non heme : Bentuk zat besi ini banyak ditemukan dalam makanan yang berasal dari nabati, seperti sayuran hijau, umbi, kacang-kacangan, buah-buahan kering dan biji-bijian.

Pilihan Makanan Penambah Darah Rendah

Kekurangan darah di dalam tubuh ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan penambah darah yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan zat besi di dalam tubuh.

Makanan-makanan berikut ini bisa ditemukan dengan mudah dan relatif aman untuk dikonsumsi. Mengutip dari berbagai sumber laman kesehatan seperti halodoc.com, alodokter.com, dan gooddoctor.com, berikut daftar makanan untuk penambah darah.

1. Daging Merah

Pilihan makanan penambah darah yang pertama yaitu daging merah seperti daging sapi, kambing dan jenis daging merah lainnya. Makanan tersebut memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,7 miligram (mg) per 100 gram daging merah. Jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian sekitar 15%.

2. Daging Unggas

Jenis daging unggas yang  bisa meningkatkan zat besi yaitu daging ayam, daging bebek, atau jenis unggas lainnya. Setiap 100 gram daging unggas bisa memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 13%.

3. Jeroan

Jeroan seperti hati, jantung, dan otak ternyata bisa menjadi pilihan makanan penambah darah. Setiap 100 gram hati sapi mengandung zat besi sekitar 6,5 mg dan bisa memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 36%. Hati ayam memiliki kandungan zat besi sekitar 15,6 mg per 100 gram. Meskipun demikian, konsumsi jeroan tidak boleh berlebihan, karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain.

4. Makanan laut

Seafood atau makanan yang berasal dari laut terutama kerang dan tiram ternyata memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Kerang sebanyak 100 gram diketahui memiliki kandungan zat besi sekitar 28 mg. Namun, kandungan zat besi dalam kerang sangat beragam, tergantung jenis kerangnya.

5. Sereal

Makanan sehat satu ini memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Tidak hanya itu, sereal juga memiliki kandungan gizi seperti protein dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan. Namun, saat mengonsumsi sereal sebagai penambah darah, pastikan tanpa gula tambahan. Hal tersebut untuk menghindari risiko gangguan kesehatan lain seperti diabetes.

6. Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sayuran hijau ini juga bisa menjadi pilihan makanan penambah darah untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayuran hijau juga baik untuk kesehatan tubuh.

7. Kacang dan Biji-bijian

Jenis kacang dan biji-bijian seperti kacang mete, kedelai, biji labu, dan biji bunga matahari diketahui memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Selain itu, kacang dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan.

8. Tahu

Makanan yang terbuat dari kedelai ini bisa menjadi pilihan makanan untuk mencegah anemia. Di dalam 129 gram tahu diketahui memiliki kandungan zat besi 2,4 mg dan bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian sekitar 19%. Tahu memiliki harga yang murah ini bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat dan bergizi.

9. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate selain rasany manis, juga mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam satu ons dark chocolate terdapat sekitar 3,4 gram zat besi. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung mineral lain seperti tembaga, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...