Sebelum Indonesia, Ini Daftar Negara Ketua G20 dalam 10 Tahun Terakhir

Image title
21 Desember 2021, 16:17
Presiden Joko Widodo (depan, tiga kiri) melambaikan tangan saat berfoto bersama para pemimpin negara-negara peserta KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat (28/06/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Presiden Joko Widodo (depan, tiga kiri) melambaikan tangan saat berfoto bersama para pemimpin negara-negara peserta KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat (28/06/2019).

Tahun depan, Indonesia bakal menjadi tuan rumah bagi gelaran forum utama kerja sama ekonomi internasional alias Group of Twenty atau G20. Forum tersebut beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa (UE).

Indonesia memegang presidensi G20 selama setahun penuh, mulai dari 1 Desember 2021 hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022. Berbagai persiapan terus dilakukan untuk memastikan mulusnya gelaran rapat internasional di tahun depan.

Sebelumnya, Italia sebagai presidensi G20 2021 telah melakukan serah terima kepada Indonesia secara langsung pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia. Selain Italia, beberapa negara juga pernah ditunjuk sebagai presidensi G20.

Ketua atau presidensi dipilih secara bergilir setiap tahun oleh anggota G20. Melansir Tim Sherpa G20 Indonesia, presidensi memiliki beberapa tugas dalam setiap pertemuan G20 yang dilangsungkan setiap tahun tersebut.

Tugas Presidensi atau Ketua G20

  1. Mengangkat tema dan agenda persidangan
  2. Memimpin pembahasan substansi melalui working group atau grup kerja, engagement group, hingga pelaksanaan KTT.

G20 dibentuk pada 1999, setelah krisis keuangan Asia. Tujuannya, menyatukan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 20 negara dengan ekonomi mapan dan berkembang terbesar di dunia.

Topik yang dibahas dalam forum G20 meliputi kebijakan global tentang perdagangan, kesehatan, iklim, dan isu-isu lainnya. Setiap tahun, para anggota G20 bergilir untuk menjadi tuan rumah atau presidensi.

Adapun 20 negara yang menjadi anggota G20 seperti, Jerman, Prancis, Brasil, Argentina, Uni Eropa, Cina, Kanada, Amerika Serikat, Australia dan Meksiko. Ada juga 10 negara lainnya seperti Jepang, Rusia, Korea Selatan, Indonesia, Inggris, India, Turki, Afrika Selatan, Italia dan Arab Saudi.

Untuk memperoleh hasil KTT yang maksimal, pertemuan G20 juga kerap mengundang sejumlah negara di luar negara anggota. Umumnya, keterlibatan negara di luar anggota G20 adalah untuk membahas isu pembangunan. Salah satunya ada Spanyol yang menjadi tamu tetap alias permanen sejak gelaran G20 digelar di Kanada 2010.

Negara yang memiliki lambang daun maple pada benderanya itu menjadi presidensi G20 pada 2010. Pertemuan G20 berlangsung di Toronto, Kanada dengan mengusung tema Recovery and New Beginnings. Selain Spanyol sebagai tamu tetap, beberapa tamu undangan dari luar negara G20 juga turut hadir, seperti Vietnam, Belanda dan Nigeria.

Daftar Negara Presidensi G20

Berikut daftar ketua penyelenggara G20 dalam 10 tahun terakhir, dilansir dari Tim Sherpa G20 Indonesia:

  • Korea Selatan 2011

Negeri Ginseng menjadi Ketua G20 selanjutnya. Perhelatan negara-negara anggota G20 digelar di Ibu Kota Korea Selatan, Seoul. Adapun tema yang diusung dalam pertemuan kali itu, yakni Shared Growth Beyond Crisis. Adapun tamu undangan yang hadir pada pertemuan tersebut adalah Singapura dan Vietnam.

  • Prancis 2012

Negara yang identik dengan Menara Eiffel ini pernah menjadi presidensi G20. Pertemuan diselenggarakan di Cannes, Prancis dengan mengusung tema Building our Common Future, Renewed Collective Action for the Benefit of All. Selain Spanyol sebagai tamu permanen, ada juga Singapura dan Uni Emirat Arab (UEA) yang turut hadir dalam perhelatan G20 tersebut.

  • Meksiko 2013

Delapan tahun lalu, Meksiko pernah mengambil peran penting sebagai presidensi G20. Mengusung tema Promoting Growth and Job, pertemuan G20 dilaksanakan di Los Cabos. Pertemuan tersebut juga dihadiri Cile, Kolombia dan Kamboja sebagai tamu undangan.

  • Rusia 2013

Negeri Beruang Merah juga sempat menjadi ketua penyelenggara G20. Mengusung tema Boosting Economic Growth and Job Creation, Rusia turut mengundang beberapa negara lain seperti Singapura, Senegal dan juga Kazakhstan. Acara pertemuan G20 tersebut diselenggarakan di ibu kota Rusia, Saint Petersburg.

  • Australia 2014

Negara yang terkenal dengan Kangguru ini pernah menjadi presidensi G20 tujuh tahun silam. Dilaksanakan di Brisbane, gelaran G20 kala itu mengusung tema Acting Together to Lift Growth and Create Jobs, Building a Stronger. Adapun tamu undangan yang turut hadir pada pertemuan tersebut, yakni Singapura dan Selandia Baru.

  • Turki 2015

Turut dihadiri Singapura dan Azerbaijan sebagai tamu undangan, pertemuan G20 pada 2015 diselenggarakan di Antalya, Turki. Negara yang terkenal dengan Masjid Biru alias The Blue Mosque tersebut menjadikan Collective Action for Inclusive and Robust Growth sebagai isu utama pertemuan tersebut.

  • Cina 2016

Negeri Panda alias Cina resmi ditunjuk sebagai ketua G20 pada 2016. Perhelatan yang digelar di Hangzhou, mengambil tema Towards an Innovative, Invigorated, Interconnected, and Inclusive World Economy. Sebanyak empat tamu undangan hadir saat itu, seperti Singapura, Kazakhstan, Thailand dan Mesir.

  • Jerman 2017

Agenda persidangan di Jerman mengambil tema Shaping and Interconnected World. Pertemuan G20 saat itu berlangsung di Hamburg Jerman, dengan tamu undangan yang hadir seperti Singapura, Belanda, dan Norwegia.

  • Argentina 2018

Negara kelahiran pesepak bola dunia, Diego Maradona tersebut sempat menjadi presidensi G20, tiga tahun yang lalu. Pertemuan yang digelar di Buenos Aires tersebut juga turut dihadiri tamu undangan, seperti Belanda dan Cile. Adapun agenda pertemuan saat ini fokus pada Building Consensus for Fair and Sustainable Development.

  • Jepang 2019

Negeri Sakura melangsungkan pertemuan G20 di Osaka, saat ditunjuk sebagai presidensi perhelatan negara-negara bergengsi tersebut. Adapun tema yang diusung pada pertemuan kali itu adalah Ensure Global Sustainable Development. Pertemuan tersebut juga turut mengundang negara di luar G20, seperti Singapura dan Belanda.

  • Arab Saudi 2020

Arab Saudi ditunjuk sebagai ketua pelaksana G20 tahun lalu. Dilanda pandemi Covid-19, acara diselenggarakan secara virtual dan dihadiri tamu undangan di luar anggota G20, yakni Singapura, Swiss dan Yordania. Adapun tema rapat tahun lalu adalah Realizing Opportunities of the 21st Century for All.

  • Italia 2021

Tahun ini pertemuan G20 berlangsung di Roma, Italia. Ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan tahunan KTT G20, Italia menggelar pertemuan secara virtual alias online karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia. Menerapkan protocol Covid-19, agenda pertemuan tahun ini mengambil tema People, Planet dan Prosperity.

Demikian pembahasan tentang beberapa negara yang pernah menjadi penyelenggara alias ketua G20 dalam 10 tahun terakhir. Tahun depan, KTT G20 Bali akan digelar, seiring ditunjuknya Indonesia sebagai presidensi G20 2022.



 




Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait