Mengintip Spedagi GORo, Sepeda Bambu Istimewa di Gelaran KTT G20

Nadya Zahira
18 November 2022, 17:36
Sepeda Bambu
Yayasan Bambu Lestari
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara resmi meluncurkan sepeda bambu Spedagi United GORo Nusantara G20 pada Kamis (17/11/2022) di pavilliun Hutan Bambu Nusantara G20, komplek Bali Collection, Nusa Dua.

Sepeda berbahan bambu dan besi mencuri perhatian saat pelaksanaan KTT G20 Bali 15-16 November 2022 lalu. Dengan kombinasi warna merah, putih dan warna dasar bambu, sepeda karya anak negeri itu melintas lincah di sekitar venue pelaksanaan KTT G20.

Spedagi GORo Nusantara, begitu alat transportasi ramah lingkungan itu dinamai. Kata ‘GORo’ yang disematkan pada namanya merupakan singkatan dari kata gotong-royong. Kehadiran sepeda ini diharapkan bisa menyampaikan nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-sehari.

“Ini adalah sebuah cara yang sangat baik untuk menyampaikan nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari hari melalui produk yang dipakai oleh masyarakat, menjadi produk yang merakyat.” ujar penggagas gerakan Spedagi GoRo Nusantara Singgih Susilo Kartono, yang dikutip dari video yang diterima oleh Katadata.co.id, pada Jumat (18/11).

Gagasan Spedagi GORo Nusantara lahir dari gotong-royong kreatif Yayasan Bambu Lestari dan Spedagi Movement. Sepeda ini merupakan wujud gotong-royong kreatif dari desa-kota, pusat-daerah melibatkan mama-mama bambu di Nusa Tenggara Timur, artis, aktivis lingkungan, dan gerakan sosial, industri sepeda nasional serta usaha kecil dan menengah. Singgih mengatakan, dengan adanya pembuatan Spedagi GoRo Nusantara ini dapat menciptakan gotong royong yang sangat luar biasa.

“Apalagi saya melihat dari teman-teman yayasan Bambu Lestari dari mulai proses, menebang, sampai mengirim, sangat melibatkan banyak pihak. Tapi dari semangat keadilan sama ekonomi kerakyatan, menurut saya ini luar biasa, karena dengan belanja sekian untuk satu sepeda ini sebagian besar uangnya itu terdistribusikan ke banyak pihak. Nanti kalau sistemnya sudah jadi menurut saya efisiensi akan terwujud dalam sendirinya,” ujar Singgih.

Dengan keunggulan dan pengalaman masing-masing, memperjuangkan masyarakat desa dan daerah, Yayasan Bambu Lestari berfokus pada ekonomi restoratif berbasis desa dan industri bambu rakyat. Sedangkan Spedagi Movement meng-highlight karya ikonik berbasis bambu.   

Kehadiran Spedagi GORo Nusantara diharapkan dapat menjadi alat yang tepat untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bambu, dan penerapan nilai gotong-royong dalam kehidupan modern. Terlebih lagi karena gotong royong merupakan nilai universal yang ada di seluruh bangsa di dunia: bekerja sama tanpa pertimbangan transaksional, tetapi dilandaskan pada budi nurani serta sikap saling menolong dan saling memberi demi kepentingan umum. 

Transportasi Rendah Karbon 

PELUNCURAN SPEDAGI UNITED GORO NUSANTARA G20
PELUNCURAN SPEDAGI UNITED GORO NUSANTARA G20 (Yayasan Bambu Lestari)

Sepeda bambu Spedagi GORo Nusantara dibuat dengan prinsip rendah karbon dan ekonomi sirkular. Sepeda ini dilengkapi keranjang bambu berisi produk usaha kecil dan menengah yang dikurasi berdasarkan prinsip ekonomi sirkular, kearifan lokal, pemberdayaan desa. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...