PDIP Klaim Tak Tolak Piala Dunia U20, Tapi Ungkit Standar Ganda FIFA

Ira Guslina Sufa
29 Maret 2023, 09:39
PDIP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan partainya tidak pernah menolak dan bahkan mendukung pelaksanaan Piala Dunia U20 di Indonesia. Menurut Hasto PDIP hanya mempertanyakan sikap federasi sepak bola dunia atau FIFA yang terkesan menggunakan standar ganda. 

Menurut Hasto, pada gelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar tahun lalu FIFA menolak keikutsertaan Rusia dalam babak play off. Alasan FIFA saat itu karena adanya serangan yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. PDIP mempertanyakan FIFA tak memberlakukan hal sama terhadap Israel yang juga kerap melakukan serangan terhadap Negara Palestina. 

"PDI Perjuangan mempertanyakan standar ganda yang diberlakukan oleh FIFA menyangkut kepesertaan Israel dalam Piala Dunia U-20," kata Hasto seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (29/3). 

Hasto menegaskan bahwa sejak awal PDIP memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Piala Dunia U20. Hal itu terbukti melalui dukungan anggaran yang diberikan politikus PDIP di Dewan Perwakilan Rakyat untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20. 

Kebijakan anggaran yang dimaksud meliputi upaya pembinaan para pemain dari usia dini, pembangunan Infrastruktur, dan membangun kompetisi yang menggembleng klub-klub. Hasto mengatakan sikap PDIP saat ini hanya menolak keikutsertaan Israel dalam gelaran Pilada Dunia U20. 

Menurut Hasto, Israel dibawah kepemimpinan Benyamin Netanyahu, terjadi kekerasan secara massif di Tepi Barat. Bahkan rumah sakit pun dibom. PDIP menilai FIFA tak bereaksi terhadap aksi Israel dan tidak menjelaskan sama sekali adanya perbedaan perlakuan terhadap Rusia dan Israel. 

“Dan ini tidak terjadi di Israel. Ini kan membangun sentimen terhadap bangsa Palestina,” kata Hasto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...