Jokowi Teken Keppres Panitia Seleksi Anggota KPU - Bawaslu 2022-2027

Rizky Alika
11 Oktober 2021, 14:30
KPU, Jokowi, bawaslu
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/aww.
Komisioner KPU Kota Blitar bersama perwakilan Bawaslu dan Kepolisian membakar surat suara yang rusak di Kantor KPU Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (8/12/2020). Guna menghindari kecurangan serta terciptanya pemungutan suara yang jujur, KPU Kota Blitar memusnahkan sebanyak 559 surat suara yang rusak dan cacat cetak jelang H-1 pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) mengenai panitia seleksi (pansel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

Saat ini, persiapan seleksi pansel telah berjalan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sudah disampaikan Kemendagri pada hari Jumat lalu, yang sudah ditandatangani pada hari Kamis. Sudah jalan sesuai aturan," kata Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Bidang Komunikasi dan Media Faldo Maldini, Senin (11/10).

Meski begitu, ia tidak menjelaskan secara rinci siapa yang menjadi pansel anggota KPU dan Bawaslu. Ia hanya memastikan, proses seleksi berjalan tanpa kendala apapun.

"Semuanya nanti Kemendagri yang tindak lanjuti," ujar dia.

 Faldo pun mengatakan, Kemendagri akan menjelaskan terkait pansel anggota KPU dan Bawaslu pada hari ini, Senin (11/10).

Sebagaimana diketahui, masa tugas anggota KPU dan Bawaslu akan berakhir pada 2022. Anggota yang tengah bertugas saat ini merupakan hasil dari seleksi pada 2017 lalu.

Mengutip dari Antara, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus meminta pemerintah segera membentuk pansel untuk pemilihan calon anggota KPU dan Bawaslu oeriode 2022-2027.

Hal ini dilakukan agar penyelenggara pemilu punya cukup waktu mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak 2024.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...