Parlemen Amerika Temui DPR, Jajaki Kerja Sama Pertahanan dan Dagang

Image title
12 November 2021, 17:30
DPR, amerika, AS
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI Ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Rapat paripurna tersebut beragendakan penyampaian tanggapan pemerintah terhadap pandangan Fraksi-Fraksi atas RUU tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas RUU APBN TA 2020 dan penyampaian tanggapan pemerintah terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas RUU APBN TA 2022 beserta Nota Keuangan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Parlemen Amerika Serikat (AS) menggelar pertemuan dengan perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada hari ini Jumat (12/11). Pertemuan tersebut membahas mengenai kerja sama dalam berbagai bidang mulai dari kesehatan, pertahanan dan juga perdagangan.

Dalam kunjungan ini,  parlemen AS diwakili oleh  Ketua Subkomite Parlemen Amerika Serikat untuk Asia Pasifik Ami Bera.

Bera didampingi oleh beberapa pejabat parlemen lainnya seperti Juan Vargas selaku  anggota kongres perwakilan California, Abigail Spanberger selaku anggota kongres perwakilan Virginia dan Derek Kilmer selaku perwakilan Washington.

Mereka diterima oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Lodewijk Paulus yang didampingi Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Dave Laksono, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Putu Supadma Rudanam dan Wakil ketua Komisi IX Fraksi PDIP Charles Honoris.

 Putu, mengatakan fokus dari pertemuan tersebut adalah memperkuat hubungan perdagangan kedua negara.

Juga, bagaimana kerja sama dengan Amerika Serikat dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk dalam sektor pariwisata.

Amerika Serikat merupakan salah satu mitra dagang terbesar untuk Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekspor non-migas Indonesia ke Amerika Serikat mencapai US$18,25 miliar, naik 35,1% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Terkait kerjasama dalam bidang pertahanan, Putu mengatakan nantinya akan dibicarakan dengan pihak Komisi I dan juga pihak yang bermitra dengan Kementerian Pertahanan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...