Fesyen Muslim Nasional Diminta Memanfaatkan Besarnya Pasar Global

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 November 2021, 18:31
fesyen, Muslim, industri halal
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Sejumlah model memperagakan busana rancangan mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun Bogor dalam Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (18/11/2021)

Industri fesyen muslim memiliki pangsa pasar yang besar. Oleh karena itu, pemerintah mendorong Indonesia menjadi kiblat industri fesyen muslim dunia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, saat ini nilai pasar industri fesyen muslim mencapai US$ 11 miliar (Rp 156 triliun), sementara nilai ekspor fesyen muslim baru sebesar US$ 500 juta (Rp 7,1 triliun).  Karena itulah, peluang untuk mengembangkan industri fesyen muslim masih sangat besar.

"Oleh sebab itu, dukungan dari asosiasi pengusaha, akademisi, dan juga pemerintah sangat penting, Tugas Kemendag disini untuk menjadi agregator, menciptakan Indonesia menjadi kiblat fesyen islam dunia," kata Lutfi dalam acara 'Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021' di Jakarta, Kamis (18/11).

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggelar 'Jakarta Muslim Fashion Week 2021' yang puncaknya digelar pada Oktober 2022 mendatang untuk lebih mengenalkan produk fesyen muslim Indonesia ke dunia.

 Pagelaran busana muslim tersebut juga menggandeng seluruh asosiasi desainer, 15 institut fesyen, dan asosiasi kosmetika.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, industri fesyen muslim bukan hanya milik umat muslim.

Dengan keberagaman yang ada di Indonesia, industri fesyen akan lebih cepat maju dan berkembang. Oleh sebab itu, 'Jakarta Fashion Week 2021' juga diikuti oleh universitas non muslim.

"Ini yang harus kita embrace dan kita majukan," kata Mantan Dubes RI untuk Jepang tersebut.

Sebelumnya, Lutfi menargetkan nilai ekspor produk fesyen muslim Indonesia dapat naik 10 kali lipat dalam lima tahun ke depan. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...