Australia Temukan Enam Kasus Omicron, Suspek Sempat Berkeliaran

Rizky Alika
1 Desember 2021, 11:44
australia, omicron, covid-19, virus corona
Pexels
Ilutrasi virus Covid-19

Australia telah mengonfirmasi enam kasus Covid-19 varian Omicron. Salah satunya merupakan seorang wanita berusia 30-an yang dinyatakan positif setelah tiba dari Afrika Selatan pada Sabtu (27/11).

Mengutip dari NZ Herald, wanita tersebut sempat mengunjungi beberapa tempat di Central Coast New South Wales (NSW) saat masa infeksius.

Adapun, kasus kelima Omicron ditemukan di NSW bersama dengan kasus lain di Northern Territory. Dua pendatang baru di NSW sedang menjalani pemeriksaan.

Mengutip dari Reuters, Australia telah menunda pembukaan perbatasan internasional selama dua minggu.

Pengumuman itu keluar kurang dari 36 jam sebelum siswa internasional dan migran terampil diizinkan masuk kembali ke negara itu.

New South Wales yang menjadi tempat tinggal bagi sepertiga dari 25 juta penduduk Australia, meningkatkan denda bagi pendatang dari luar negeri yang tidak mematuhi kewajiban isolasi mandiri 72 jam.

Denda ditingkatkan dari A$1.000 menjadi A$5.000 untuk individu, sementara untuk perusahaan naik dari A$5.000 menjadi A$10.000.

Negara bagian telah melonggarkan sistem karantina bagi pendatang. Namun, mereka yang datang dari beberapa negara Afrika Selatan harus menghabiskan masa karantina selama 14 hari.

Meski begitu, pemerintah federal mendesak para pemimpin negara bagian untuk melanjutkan pelonggaran pembatasan perbatasan domestik yang telah diberlakukan menjelang Natal.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...