Syarat Perjalanan dengan Transportasi Laut Diperketat Saat Nataru

Image title
Oleh Maesaroh
17 Desember 2021, 20:56
Nataru, pelabuhan, aturan perjalanan
ndonesiaferry.co.id
Ilustrasi Pelabuhan Ketapang. Pemerintah akan memperketat syarat perjalanan dengan menggunakan transportasi laut.

Pemerintah akan memperketat syarat bagi pelaku perjalanan dengan menggunakan transportasi laut selama Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Syarat yang diperketat termasuk kewajiban menunjukan kartu vaksin telah divaksinasi lengkap.

Pengetatan syarat perjalanan berlaku pada tanggal 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022.

 Aturan tersebut tertuang melalui Surat Edaran No 110 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Selama Periode Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru 2022 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat terhadap pelaku perjalanan dan mencegah terjadinya penyebaran dan peningkatan penularan Covid-19,” tutur pelaksana tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, dalam keterangan resmi, Jumat (17/12).

 Beberapa aturan lain yang diperketat diantaranya penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan dari dan/atau ke pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia, wajib menunjukkan kartu vaksin (dosis lengkap).

Beberapa ketentuan baru dalam surat edaran tersebut, di antaranya adalah:
1. Penumpang  kapal  laut  yang  akan  melakukan  perjalanan  dari   dan/atau  ke  pelabuhan  di  seluruh  wilayah  Indonesia,  wajib menunjukkan:
 - Kartu vaksin (dosis lengkap)
- Surat keterangan hasil   negatif Rapid Test Antigen yang pengambilan sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal  1x24 jam atau di pelabuhan sebelum keberangkatan

-Syarat vaksin lengkap dan Rapid Antigen tdak berlaku bagi penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan di wilayah perintis, daerah 3TP (Tertinggal,  Terdepan,  Terluar  dan  Perbatasan),  dan  pelayaran terbatas

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...