Bantuan RI Tiba di Afganistan, Lembaga Pangan WFP Ucapkan Terima Kasih

Image title
Oleh Maesaroh
9 Januari 2022, 21:00
afganistan, taliban, pbb
kementerian luar negeri
Bantuan dari Indonesia untuk rakyat Afganistan berupa makanan dan nutrisi mendarat di Kabul pada Minggu (9/1)

Bantuan kemanusiaan yang berisi makanan dan nutrisi untuk rakyat Afganistan sudah mendarat di bandara internasional Hamid Karzai, Kabul, Afganistan, pada  Minggu pagi hari waktu setempat (9/1).

Pesawat Garuda Indonesia pertama dengan kode penerbangan GA-7900 tiba pada pukul 10.00 waktu Kabul (12.30 WIB).

Sementara itu,  pesawat kedua dengan kode penerbangan GA-7700 tiba pada pukul 11.00 waktu Kabul (13.30 WIB). Kedua pesawat tersebut telah menempuh penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta, Banten, selama kurang lebih 8 jam.

Indonesia mengirim bantuan makanan dan nutrisi seberat 65 ton kepada rakyat Afganistan. 

 Bantuan tersebut diberikan sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP).

WFP merupakan lembaga non-profit yang mengurusi program pangan dan berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Menanggapi bantuan kemanusiaan dari Indonesia ini, Christa Rader, Country Director-WFP Indonesia, menyampaikan apresiasi atas bantuan pangan dan nutrisi yang telah dikirimkan.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan langkah konkret dari solidaritas global untuk mengatasi penderitaan rakyat Afganistan. Bantuan yang telah diterima akan segera dikoordinasikan penyalurannya oleh WFP-Afganistan.

 Sebagai informasi, kedua pesawat pembawa bantuan kemanusiaan tersebut telah diberangkatkan dari Jakarta pada Minggu dini hari (9/1) oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Bantuan kemanusiaan ini diberikan sebagai tambahan komitmen yang telah telah disampaikan sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...