Jokowi Tinjau Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini

Rizky Alika
17 Januari 2022, 10:23
Jokowi, kereta, kereta cepat, kereta cepat Jakarta-Bandung
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat pada Senin (17/1). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi dijadwalkan meninjau proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Presiden Jokowi akan melakukan peninjauan terowongan 2 proyek pembangunan KCJB yang ada di Kabupaten Purwakarta," demikian tertulis dalam keterangan pers, Senin (17/1).

Peninjauan itu akan dilakukan pada akhir rangkaian kunjungan kerja. Sebelum mengunjungi proyek KCJB, Kepala Negara akan memberikan pengarahan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Jokowi beberapa kali meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, termasuk pada Mei tahun 2021 dan Desember 2019.

 Setelahnya, Mantan Wali Kota Solo itu akan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sederhana, Kota Bandung untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan warung.

Kemudian, Jokowi akan meninjau proyek KCJB. Usai peninjauan, Jokowi dan rombongan akan langsung kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat menggunakan rangkaian kendaraan.

Sebelumnya, Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021, yang merupakan perubahan atas Perpres Nomor 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Melalui Perpres tersebut, Jokowi mengizinkan penggunaan APBN untuk mendukung proyek kereta cepat.

Pembiayaan dari APBN berupa penyertaan modal negara kepada PT Kereta Api Indonesia selaku pimpinan konsorsium serta penjaminan kewajiban pimpinan konsorsium.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...