Tol Manado - Bitung Diharapkan Segera Dongkrak Ekonomi Sulawesi Utara

Andi M. Arief
25 Februari 2022, 17:06
Tol, jalan tol, Bitung
Katadata/Andi M.Arief
Tol Bitung Manado di Sulawesi Utara

Jalan Tol Manado-Bitung diharapkan akan mempercepat perekonomian di Sulawesi Utara (Sulut). Jalan tol itu akan mempercepat pergerakan dari Kota Manado ke tiga titik, yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung, dan Kawasan Pariwisata Likupang yang merupakan titik-titik perekonomian di provinsi tersebut. 

Tol Manado-Bitung kini dapat beroperasi penuh setelah ruas Donowudu-Bitung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (25/2). Adapun, ruas Manado-Danowudu telah diresmikan pada 29 September 2020 lalu. 

 "Kami harapkan kawasan ekonomi Sulut semakin berkembang. Yang biasanya (waktu perjalanan Manado-Bitung) 1,5 jam, (kini) jadi setengah jam saja," kata Direktur Jenderal Bina Marga KemenPUPR dalam peresmian ruas Donowudu-Bitung, Jumat (25/2). 

 Seperti diketahui, total panjang Tol Manado-Bitung mencapai 39,8 kilometer (Km) atau setara dengan Tol Jagorawi. Adapun, investasi yang ditelan jalan bebas hambatan ini mencapai Rp 4,95 triliun. 

 Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan pembangunan Tol Manado-Bitung telah ditunggu sejak zaman kemerdekaan. 

 Selain itu, Olly menilai pengoperasian penuh Tol Manado-Bitung dapat menggenjot perekonomian Sulawesi Utara di atas rata-rata nasional pada tahun ini.

Olly berharap agar pemerintah dapat kembali membuka rute bagi wisatawan asal Cina untuk mengunjungi Sulut, khususnya Likupang. 

 Pada 2021, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara mencapai 4,17%, sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional di level 3,69%. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...