Jokowi Bertemu Menlu Singapura Jajaki Kerja Sama Tiga Visi Indonesia

Michael Reily
17 Juli 2019, 14:07
Jokowi bertemu menlu Singapura, bahas kerja sama Indonesia dengan Singapura
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Bogor, Rabu (17/7). Dalam kunjungan tersebut, dibahas mengenai visi Indonesia lima tahun ke depan, dan kerja sama yang memungkinkan terkait hal tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, ada beberapa visi Indonesia yang bisa dikerja samakan dengan pemerintah Singapura. “Dari lima visi paling tidak ada tiga visi yang langsung dapat disambungkan," kata dia di Istana Bogor, Rabu (17/7).

(Baca: 5 Visi Jokowi untuk Indonesia 2019-2024)

Visi yang dimaksud yakni terkait pembangunan infrastruktur, perluasan investasi, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Singapura sebagai negara asal investasi terbesar Indonesia, menginginkan kerja sama yang lebih kuat dan stabil.

Sejauh ini, kedua negara sebetulnya telah bekerja sama dalam pencapaian ketiga visi tersebut. Retno mencontohkan pendirian politeknik furnitur Kendal Industrial Park.

Kemudian, kerja sama terkait Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) pesawat di Kawasan Bintan-Batam-Karimun (BBK) untuk dukungan terhadap Bandara Changi milik Singapura. Selain itu, pendirian kawasan industri digital -- Nongsa Digital Park -- di Kepulauan Riau, dengan nilai investasi jutaan dolar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...