Seribu Lebih Bus Belum Layak Angkut Pemudik

Maria Yuniar Ardhiati
20 Juni 2016, 17:06
bis
Katadata
Pemeriksaan kelayakan jalan terhadap bis antar kota antar provinsi.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memeriksa atau ramp check di sejumlah terminal bus dan pool bus menjelang masa angkutan Lebaran. Hasilnya, sebanyak 1.101 atau 83,41 persen kendaraan tidak lulus pengujian.

“Kementerian Perhubungan sudah memanggil seluruh pemilik perusahaan otobus (PO) untuk memperbaiki bus-bus yang tidak layak,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamurahardjo kepada Katadata, Senin, 20 Juni 2016. Seluruh bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang mudik harus dalam kondisi layak jalan. (Ekonografik: Enam Tol Baru untuk Mudik 2016).

Menurutnya, pemeriksaan tahap pertama dijalankan pada 6 - 9 Juni lalu di sembilan terminal dan satu pool. Dari 773 kendaraan, hanya 10,61 persen atau 82 kendaraan yang lulus. Kendaraan yang tidak layak jalan paling banyak ditemukan di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Di terminal tersebut ada 180 dari 200 kendaraan yang tidak lulus pemeriksaan.

Selanjutnya pada 14 - 16 Juni pekan lalu, BPTJ melanjutkan ramp check ke lima terminal serta lima pool bus lainnya. Ada 547 kendaraan yang masuk pemeriksaan. Seperti halnya pada pemeriksaan tahap pertama, mayoritas kendaraan yakni 410 bus atau 74,95 persen pada periode ini pun tidak lulus pengujian.

Pada tahap kedua itu, BPTJ pun kembali memeriksa Terminal Pulogadung. Sebagai hasilnya, dari 92 bus hanya tujuh kendaraan yang memenuhi persyaratan. (Baca: Presiden Akan Resmikan Tol Pejagan-Brebes Timur untuk Mudik Lebaran).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...