BPS: 84,85% Jemaah Puas dengan Penyelenggaraan Haji 2017

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2017, 13:50
Manasik Haji
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat kepuasan penyelenggaraan ibadah Haji pada tahun ini meningkat 1,02 poin ketimbang tahun lalu. Pada tahun ini tercatat Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia mencapai 84,85%.

Survey ini berasal dari 18.500 responden jemaah haji dan dilakukan dalam dua gelombang saat pelaksanaan ibadah haji 2017. Ada 10 indikator pelaksanaan haji yang dinilai mulai dari bus antar kota, bus sholawat, ibadah, petugas, hotel, katering non Armina (Arafah dan Mina), katering Armina, bus Armina, serta aspek lainnya.

Kepala BPS Suhartanto mengatakan, naiknya kepuasan jemaah haji ini lantaran beberapa hal di antaranya kualitas bus antar kota yang kepuasannya mencapai 88,23%. Lalu tercatat jemaah haji juga puas akan bus sholawat dengan persentase 87,22%.

"Kalau bus antar kota menurut responden tampilan fisiknya bagus dan ketersediaan armada juga bagus," kata Suharyanto saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (1/11).

Suharyanto melanjutkan, kepuasan juga terjadi pada aspek petugas haji yang naik 2 poin dan ditunjang oleh kesopanan dan kerapihan petugas. Catatan positif juga terjadi pada pelayanan ibadah yang naik 1,28 poin dan hotel yang naik 1,52 poin.

Grafik: Kuota Haji Indonesia 2010-2017
Kuota Haji Indonesia 2010-2017

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...