Belanja di Tokopedia Kini Bisa Bayar Melalui Gerai JNE

Ada 200 gerai JNE di seluruh Indonesia yang dapat menerima pembayaran dari transaksi Tokopedia.
Michael Reily
Oleh Michael Reily
16 Oktober 2017, 17:56
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Tokopedia memperluas akses pembayaran pada platform jual belinya dengan menggandeng perusahaan jasa pengiriman JNE. Dengan demikian, kini konsumen Tokopedia dapat membayar belanjaannya secara tunai melalui gerai JNE.

"Gerai-gerai JNE semoga bisa diubah menjadi tempat pembayaran," ujar Chief Executive Officer Tokopedia William Tanuwidjaya kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/10).

William menyatakan, tujuan kolaborasi kedua pihak dilakukan supaya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah pelosok. Sebab, masih ada 65% penduduk Indonesia yang belum memiliki akses perbankan.

Menurutnya, meski pembayaran masih dilakukan dengan uang tunai, pengenalan masyarakat kepada transaksi digital bakal merangsang kesadaran masyarakat terhadap kemudahan pembayaran non-tunai. Harapannya, kerja sama Tokopedia dengan JNE menjadi titik awal tujuan pemerataan ekonomi secara digital.

Mekanisme pembayarannya adalah masyarakat memilih barang yang ingin dibelanjakan di marketplace, kemudian pilih metode pembayaran lewat JNE. Nantinya, konsumen akan mendapatkan nomor tagihan dan membayarnya melalui gerai JNE.

Menurut data Price Waterhouse Cooper (PWC), kontribusi penjualan secara online hanya 1% dari keseluruhan penjualan retail. "Kita tertinggal dari Amerika dan Tiongkok yang sudah 14%, mereka bisa mengembangkan 10% secara pesat hanya dalam 5 tahun," ujar William.

Sementara, Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi menyatakan, digitalisasi adalah salah satu hal yang tidak akan terelakkan. Sebesar 35% pengiriman yang terjadi di JNE merupakan transaksi online, sisanya 35% untuk pelanggan retail offline, dan 30% penggunaan oleh korporasi.

Feriadi menyiapkan 200 gerai JNE di 34 provinsi untuk menjadi tempat pembayaran. "Pembayaran bisa dilakukan di 200 lokasi dari 6 ribu point of sales," kata Feriadi.

Menurut Feriadi, JNE telah 27 tahun berbisnis dalam jasa pengiriman. Saat ini, JNE sedang mempersiapkan sistem otomatis sehingga pekerjaan yang dilakukan secara manual semakin berkurang.

Selain dengan JNE, Tokopedia sudah melakukan kerja sama dengan toko retail modern seperti Indomaret dan Alfamart. Pembayaran transaksi digital Tokopedia juga bisa dilakukan dengan perbankan internet dan kartu kredit.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait