Prabowo Bahas Kerja Sama Militer di Rusia, Diplomasi Keris di Inggris

Sebelum ke Rusia, Prabowo juga bertemu Menteri Pertahanan Inggris.
Pingit Aria
27 Maret 2021, 10:22
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan angg
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan anggarannya.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan dengan Deputi Menteri Pertahanan Federasi Rusia Kolonel Jenderal Andrei Kartapolov, di Kementerian Pertahanan Federasi Rusia, Moskow, Kamis (25/3).

Dalam pertemuan itu, Deputi Menhan Federasi Rusia Kolonel Jenderal Andrei Kartapolov menyatakan bahwa kerja sama pertahanan antara RI dan Federasi Rusia mengalami tren positif.

Pertemuan tersebut juga membahas mengenai kemungkinan pengembangan teknis kerja sama militer kedua negara. "Dan mengungkapkan kesepahaman atas keinginan yang sama dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara," demikian dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan, Sabtu (27/3).

Selain itu, kedua pejabat juga membahas pentingnya membangun dan memelihara kerja sama multilateral dalam format Pertemuan Para Menteri Pertahanan negara-negara anggota ASEAN dan negara-negara partner (ADMM-Plus).

Advertisement
RAKER PENGUATAN DIPLOMASI DI WILAYAH PERAIRAN NATUNA
RAKER PENGUATAN DIPLOMASI DI WILAYAH PERAIRAN NATUNA (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

 

Diplomasi Keris di Inggris

Sebelum ke Rusia, Prabowo juga melawat ke Inggris. Di Negeri Ratu Elizabeth itu, Prabowo bertemu dengan Menhan Inggris Ben Wallace MP pada 22 Maret 2021.

Juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran pers-nya, di Jakarta, Jumat, mengatakan kunjungan itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertahanan RI-Inggris.

"Dalam pertemuan dua Menteri Pertahanan tersebut dibahas mengenai upaya-upaya dan peluang untuk lebih meningkatkan kerja sama bilateral pertahanan RI-Inggris," kata Dahnil.

Kedua Menhan, lanjut dia, juga membahas peran kedua negara dalam kerja sama di kawasan dan di tingkat global. Kerja sama pertahanan yang menonjol antara kedua negara adalah pada bidang pendidikan militer dan pengadaan serta pemeliharaan alat utama sistem pertahanan.

"Pada pertemuan Pak Prabowo Subianto dengan Ben Wallace MP di London ini, beliau memberikan souvenir berupa keris," kata Dahnil.

Cenderamata berbentuk senjata tradisional asli Nusantara itu kata Dahnil, sebenarnya bukan pertama kali diberikan Prabowo kepada pejabat negara yang ditemuinya. Menurutnya, Prabowo selalu membawa souvenir berbentuk senjata tradisional asli Nusantara baik itu keris, pedang maupun parang saat melawat dan bertemu pejabat di negara sahabat.

Cendera mata berupa senjata tradisional Nusantara itu, lanjut dia, sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan Nusantara dan mempererat persahabatan dengan negara-negara tersebut.

"Dan menunjukkan kepada negara-negara sahabat bahwa dalam sejarah dan sampai saat ini, Indonesia adalah negara pejuang nan pantang menyerah menghormati semua peradaban, welcoming, namun selalu siap sedia untuk mempertahankan kedaulatan negara dan bangsanya," ujarnya.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait