Tinggalkan Blanja.com, Aulia E Marinto Hijrah ke Telkom

Desy Setyowati
29 Mei 2018, 07:00
Ketua Umum idEA, Aulia Marinto
BLANJA.com
CEO BLANJA.com sekaligus Ketua Umum idEA Aulia Marinto

Aulia Ersyah Marinto akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Blanja.com. Aulia yang akan bertugas di Direktorat Konsumen di Telkom juga siap mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).

Ia mengatakan, pengganti dirinya sebagai CEO Blanja.com juga akan berasal dari Telkom. "Saya ikut shareholder, yang menarik saya dan memberi amanah baru," kata dia di sela acara buka puasa bersama dengan wartawan di Jakarta, Senin (28/5).

Blanja.com merupakan perusahaan e-commerce hasil usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia Tbk dengan eBay Inc. Tahun lalu, Blanja.com mencatatkan kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) atau total transaksi dua kali lipat dibanding 2016.

(Baca juga: Pemerintah Akan Wajibkan Barang E-Commerce Kantongi SNI)

Aulia menyebutkan, rata-rata GMV naik dua kali lipat setiap tahun. "Kami sadar kekuatan kami ada di ekosistem Telkom Group, jadi kami manfaatkan ekosistem eksisting supaya dapat manfaat," ujarnya.

Bukan hanya dari sisi transaksi, Blanja.com juga menerima banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dari Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) selain Telkom, seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan yang lainnya. Mitra Blanja.com juga banyak yang berasal dari Kementerian dan Lembaga (K/L) seperti Kementerian Perindustrian,  Kementerian Koperasi dan UKM, serta lainnya.

Alhasil, 45 ribu UMKM tercatat sudah bergabung dengan Blanja.com. Aulia menyebutkan, jumlah tersebut naik 70% dibanding masa awal berdirinya Blanja.com pada 2014 lalu.

Karena menjadi binaan pemerintah atau BUMN, kata Aulia, mitra yang bergabung dengan Blanja.com pun rata-rata produsen. Sedangkan yang berasal dari swasta atau mandiri, hampir 90% merupakan reseller atau pedagang. Oleh karenanya, ia mengakui kapasitas produksi masih menjadi tantangan bagi mitranya.

(Baca juga: Deretan E-Commerce Siapkan Promo Ramadan dengan Diskon hingga 90%)

Untuk bisa mengatasi tantangan itu, Blanja.com menjalankan program #BLANJAJEMPUTUKM. Dalam hal ini, Blanja menggandeng Kementerian BUMN melalui Rumah Kreatif BUMN; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui pemberdayaan produk unggulan BumDes; Kementerian perindustrian melalui program e-smart IKM;  Kementerian Perdagangan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program UMKM Go Online; dan, Asosiasi E-Commerce Indonesia dengan program Kenduri e-UKM, Lokal Good, dan lainnya. 

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait