16 Wisata Cirebon Hits yang Wajib Dikunjungi

Di Cirebon ada banyak destinasi wisata, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, hingga wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini daftar wisata Cirebon.
Image title
12 Agustus 2021, 14:05
Potret Batu Lawang salah satu destinasi wisata Cirebon yang hits dan menjadi favorit banyak wisatawan
instagram.com/wisatacirebon_id
Potret Batu Lawang salah satu destinasi wisata Cirebon yang hits dan menjadi favorit banyak wisatawan.

Semua daerah di Indonesia memiliki daya tarik wisata masing-masing, tak terkecuali dengan Cirebon. Daerah yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan banyak destinasi wisata yang keren dan menarik untuk dikunjungi.

Apabila Anda ke kota ini, tak ada salahnya untuk mampir ke tempat-tempat wisata Cirebon berikut ini.

Tempat Wisata di Cirebon

Di Cirebon, ada banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, hingga wisata kuliner yang menarik. Pilihan-pilihan wisata ini akan membuat Anda ingin datang lagi ke sana. Bagi yang seneng eksis di dunia maya, tempat-tempat tersebut juga cocok untuk meramaikan feed Instagram. Penasaran apa saja, ini dia daftarnya:

1. Wisata Bukit Gronggong

Bukit Gronggong ada di Patapan, Beber, Cirebon. Seperti namanya, wisata ini merupakan wisata alam. Karena berada di daerah dataran tinggi, udara di bukit ini sangat sejuk dan segar. Jika datang ke sore hingga malam, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dan gemerlap lampu kota Cirebon yang akan memanjakan mata.

2. Pantai Baro Gebeng

Masih di wisata alam, Pantai Baro Gebeng bisa menjadi tempat pilihan ketika mengunjungi Cirebon. Anda bisa bersantai, memancing ikan, dan menikmati keindahan laut. Di sana, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling pantai. Lokasinya ada di Gebang Mekar, Kecamatan Gebeng, Kota Cirebon. Jika datang saat sore, Anda bisa menikmati matahari terbenam yang mempesona.

3. Pantai Kejawanan

Pantai lainnya saaat berada di Cirebon yaitu Pantai Kejawanan. Wisata ini ada di Pegamboran, Lemah Wungkuk, Kota Cirebon. Anda bisa menyewa perahu motor untuk menikmati laut dengan angin yang sejuk. Juga bisa bersantai di tepi pantai bersama teman atau keluarga sembari menikmati makanan dan jajanan yang dijual di sekitar tempat tersebut.

4. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin ada di Desa Ciwaringin, sekitar 27 kilometer dari Kota Cirebon. Tempat yang satu ini memadukan keindahan dari hutan kayu putih dengan pemandangan gunung yang membuat mata terasa segar. Tidak hanya itu, aroma sedap dari hutan kayu putih bisa membuat Anda lebih rileks.

5. Danau Setu Patok

Lokasi Danau Setu Patok ada di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Tempat ini menghadirkan pemandangan indah dengan spot foto yang akan membuat Anda betah. Jika datang di pagi atau sore hari, Anda bisa menikmati pemandangan langit jingga yang membuat mata terpesona.

6. Wisata Batu Lawang

Wisata alam ini menyajikan pemandangan bebatuan yang terbentuk dari proses alam. Ditambah dengan pepohonan hijau membuat udara di tempat ini semakin segar. Wisata Batu Lawang juga menghadirkan berbagai wahana menarik seperti flying fox, panjat tebing, dan pemainan ATV. Anda bisa mengabadikan momen dengan jepretan kamera dengan pemandangan batu dan pemandangan alam yang indah.

7. Banyu Panas Palimanan

Saat berada di daerah Palimanan, Anda bisa mampir ke wisata Cirebon yang satu ini. Letaknya di Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan. Air panas yang ada di tempat wisata ini berasal dari sumber air panas alami yang sangat cocok untuk menghilangkan lelah. Biasanya tempat wisata ini dibuka mulai pukul enam pagi hingga delpam malam. Tidak hanya air panasnya yang menarik perhatian, pemandangan indah di sekitarnya juga mempesona.

8. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata yang berada di Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon ini awalnya merupakan petapaan untuk melatih tentara kesultanan Cirebon. Namun saat ini tempat wisata Cirebon ini menjadi kunjungi wisatawan akrena memiliki nilai seni yang indah dan mempesona. Wisatawan yang datang ke tempat ini pasti mengabadikan pemandangan indah dengan berswafoto.

9. Kampung Batik Trusmi

Selain wisata alam, anda juga bisa berkunjung ke wisata edukasi. Di Cirebon ada wisata sejarah bernama Kampung Batik Trusmi. Letaknya ada di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon. Di sini Anda bisa belajar cara membuat batik dan mengenal berbagai motif batik khas Cirebon. Anda juga bisa berbelanja kain batik dengan harga yang sangat terjangkau.

10. Makam Sunan Gunung Jati

Tempat wisata di Cirebon ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah sekaligus wisata religi. Berada di Jl. Alun-Alun Cildeug, No. 53, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kota Cirebon., tempat ini menghadirkan keindahan akulturasi budaya Arab, Jawa, dan China. Anda bisa berziarah sembari menikmati bangunan jaman dahulu yang indah dan eksotis.

11. Keraton Kasepuhan

Wisata sejarah ini memiliki banyak daya tarik. Keraton paling megah dan terawat ini hingga saat ini masih berdiri kokoh di Kota Cirebon. Selain belajar tentang sejarah, ketika anda berkunjung ke tempat ini juga bisa menikmati keindahan bangunan kuno yang eksotis.

12. Keraton Kanoman

Keraton lainnya yang juga masih berdiri tegak di Cirebon yaitu Keraton Kanoman. Tempat ini terletak 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini berdiri sejak tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin. Selain memiliki nilai sejarah, keraton ini juga menjadi spot foto instagramable yang banyak diburu wisatawan.

13. Sate Kalong Drajat Kesambi

Dari namanya saja kita pasti sudah tahu jika tempat wisata ini merupakan destiansi wisata kuliner. Terletak di Jalan Kesambi Dalam No. 102, Cirebon menyajiakn makanan sate dari daging kerbau. Makanan ini disajikan dengan bumbu khas yang membuat nafsu makan bisa meningkat.  

14. Empal Gentong H. Apud

Wisata kuliner Cirebon selanjunya yang bisa anda kunjungi saat datang ke kota ini yaitu Empal Gentong H. Apud. Letaknya ada di Jl. Ir. H. Juanda No 24, Battembat, Cirebon sering menjadi tempat makan para wisatawan. Empal Gentong sendiri merupakan makanan khas dari daerah Cirebon yang selalu menjadi incaran para wisatawan.

15. Empal Dengkil Mang Kojek

Selain Empal Gentong, ada jenis empal lain yang juga menjadi favorit banyak orang. Empal Dengkil berasal dari lutut sapi yang lembut dengan bumbu rempah yang membuat makanan satu ini menjadi sangat nikmat. Jika ingin menikmati makanan ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Raya Fatahillah, Plered, Cirebon.

16. Mie Koclok Mang Sam

Pecinta wajib merapat, ada mie khas Cirebon yang harus dicoba ketika datang ke kota ini. Mie Koclok Mang Sam ini ada di Jalan Pekingan, Seberang Apotek Pasar Balong, Cirebon. Sajian mie ini akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya lagi.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait