Ventilasi dan Penyaring Udara di Sekolah Bisa Tekan Covid-19 saat PTM

Rezza Aji Pratama
25 September 2021, 16:14
PTM, sekolah tatap muka
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp.
Sejumlah siswa mengikuti upacara pembukaan proses belajar tatap muka di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (24/5/2021). Pemerintah daerah setempat mulai membuka sekolah tatap muka terbatas dengan membagi jumlah siswa yang hadir dan menerakan protokol kesehatan secara ketat.

Sistem ventilasi yang baik dan penggunaan filter udara dinilai bisa mengurangi risiko penularan virus Covid-19 di kalangan pelajar yang kini sudah mulai menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM).

Jose-Luis Jimenez, Profesor dari University of Colorado, menjelaskan aliran udara harus menjadi poin penting yang diperhatikan penyelenggara pendidikan. Ia menilai penggunaan desinfektan justru kurang efektif untuk mencegah penularan di sekolah.

“Apapun kandungan cairan desinfektan yang membunuh virus juga menyakitkan bagi penghirupnya, serta bereaksi dengan polutan dalam ruangan dan menciptakan polutan lebih berbahaya,” ujarnya dalam webinar daring “How to Reopen Schools Safely during COVID-19”, Sabtu (25/9).

Salah satu strategi mencegah penyebaran virus adalah dengan membuka jendela sebagai ventilasi dan memperbanyak kegiatan di luar ruangan. Kendati demikian, bagi sekolah yang berada di kawasan berkualitas udara buruk, Jimenez menyarankan untuk menggunakan alat penyaring udara. Hal ini penting agar aliran udara terus mengalir sehingga membawa CO2 dan virus-virus berbahaya keluar.

“Idealnya [penyaring udara] diletakkan di tengah ruangan setara dengan tinggi indra pernapasan. Hindari meletakkan di pojok ruangan, karena tidak akan menyaring udara seluruh ruangan,” ujarnya.

Jimenez juga menyarankan untuk memperhatikan volume suara. Pasalnya, volume suara yang semakin keras dapat menyebabkan penyebaran droplet yang lebih tinggi. Oleh karena itu, murid dan guru harus berhati-hati ketika berbicara dengan keras.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...