Empat Partai Politik Siap Buka Pintu Bagi Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan keinginannya untuk masuk partai politik. Sejumlah partai siap menyambut.
Image title
3 Desember 2021, 13:55
Aktor Hamish Daud dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Instagram/@hamishdw
Aktor Hamish Daud dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Sejumlah partai politik membuka pintu bagi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk bergabung dalam struktur partai. Ini merespons keinginan Ridwan Kamil untuk masuk partai politik  pada tahun depan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno mengatakan PAN dan Ridwan Kamil memiliki sejumlah kesamaan visi dan misi mengenai penanganan Covid019. Dalam beberapa kesempatan PAN dan Ridwan Kamil disebut telah melakukan diskusi dan dialog bersama.

"Mudah-mudahan, pembahasan kita, dialog kita dengan Kang Emil akan semakin mengerucut dengan harapan bahwa suatu ketika Kang Emil bersama-sama PAN dapat berjalan bersama-sama untuk mengerjakan karya-karya besar," ujar Eddy kepada wartawan pada Jumat (3/12).

Selain PAN, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga membuka pintu bagi Ridwan Kamil untuk menjadi kader PPP. Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengatakan saat ini masih sangat jarang kader yang memiliki latar belakang intelektual, keilmuan dan teknokratis seperti Ridwan Kamil.

Advertisement

Lebih lanjut Arsul mengatakan kondisi ini bisa dibandingkan dengan partai lain yang sudah banyak memiliki sosok latar belakang kuat sehingga terjadi kompetisi internal yang ketat. Kehadiran Ridwan Kamil disebut akan membuat kader di PPP tertantang untuk membuktikan kepemimpinan mereka dengan membangun organisasi dan jaringan kepartaian yang lebih baik.

"Insya Allah kalau di PPP orang dengan kapasitas seperti Kang Emil akan langsung menjadi elit partai dan tidak banyak berkompetisi dengan kader-kader PPP lain," ujar Arsul.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki hubungan yang baik dengan Ridwan Kamil. Keinginan Ridwan Kamil untuk masuk partai disebut wajar apalagi memiliki pengalaman menjadi kepala daerah setelah dua kali mengikuti dan memenangkan Pilkada.

Nama Ridwan Kamil sendiri menjadi salah satu nama yang santer dari klaster kepala daerah. Demokrat nantinya akan menghormati partai pilihan Ridwan Kamil, tetapi juga tidak menutup peluangnya masuk ke Demokrat.

"Termasuk jika nantinya berketetapan hati menjadi bagian dari keluarga besar Partai Demokrat," ujar Kamhar.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurdin Halid mengatakan Golkar terbuka bagi siapa saja dengan catatan sesuai dengan syarat sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Ketika ditanya mengenai peluang Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilpres 2024 menemani Airlangga Hartarto, Nurdin enggan berkomentar banyak.

"Dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi," ujar Nurdin.

Reporter: Nuhansa Mikrefin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait