Mengenal Tari Seudati dari Aceh, Tarian Tanpa Musik Pengiring

Dwi Latifatul Fajri
17 November 2021, 12:12
Tari Seudati
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.

Indonesia memiliki tarian tradisional dari berbagai daerah. Sekarang ini tarian daerah tersebut ditampilkan untuk seni pertunjukan lokal dan mancanegara. Contohnya, tari Seudati berasal dari Kabupaten Pidie dan tersebar di Aceh Utara, Bireuen, hingga Aceh Timur.

Tarian ini berkembang di Aceh terutama bagian pesisir. Tari Seudati ini terdiri dari 8 orang penari laki-laki. Berikut pembagian dan penyebutan penari Seudati:

  • Satu orang penari utama yang disebut satu syeh.
  • Satu orang pembantu syeh.
  • Dua orang pembantu di sebelah kiri yang disebut apeetwie.
  • Satu orang pembantu di belakang yang disebut peet bak.
  • Tiga orang pembantu biasa.
  • Dua orang penyanyi sebagai pengiring tari yang disebut aneuk syahi.

Pola Lantai Tari Seudati

Dalam sebuah tarian, pola lantai digunakan untuk posisi berdiri, bergerak, dan diamnya penari. Penari yang terdiri dari penari tunggal dan kelompok akan membentuk pola simetri, asimetri, lingkaran, lengkung, dan garis lurus. Beberapa tarian menggunakan pola lantai bervariasi.

Pola lantai tari Seudati memakai garis vertikal atau lurus. Tari asal Aceh ini dilakukan berkelompok dan dimainkan 2 orang atau lebih, sehingga memakai pola simetris atau garis lurus. Pola lantai dalam Seudati disebut konfigurasi.

Mengutip dari buku "Seudati di Aceh" karya Essi Hermaliza, Seudati ditampilkan dalam beberapa babakan. Pola lantai dan ragam gerakan tari sederhana dan bisa dipaca oleh penonton.

Ragam gerak disusun dari berbagai rangkaian gerakan. Ragam gerak ini bisa melangkah maju mundur, kanan ke kiri, ayunan tangan, tepukan dada, dan petikan jari.

Ragam gerakan tarian Seudati yaitu:

  1. Nyap
    Merupakan gerakan menekukkan lutut sambil merendahkan badan ketika langkah 3.
  2. Reng
    Gerakan memutar sambil menjentikkan dari dalam posisi kedua. Kemudian tangan diangkat ke depan dan gerakan tangan memetik jari.
  3. Asset
    Ragam gerak tarian yang menggerakan kepala ke arah kiri dan kanan.
  4. Kureep
    Jari memeti atau ketrip jaroe.
  5. Nyeet
    Gerak tarian ini mirip gerakan nyap. Tetapi pada gerakan Nyeet, kaki sedikit ditekuk ketika melangkah.
  6. Dheeb
    Bagian tangan agak dikepalkan mengikuti irama lagu.
  7. Gaudham
    Gerakan menghentakan kaki.
  8. Kucheek
    Gerakan badan melangkah ke depan, belakang, samping kiri, dan kanan.
  9. Gerak talu
    Gerakan silang-silang.

Properti Tari Seudati

Properti tarian Seudati terdiri dari busana tradisional tari, aksesoris, alat musik tradisional, dan lagu pengiring tari. Penari memakai pakaian warna putih yang terdiri dari sarung, tangkulok dipakai di kepala, dan rencong yang disematkan di pinggang. Pakaian ini memberi identitas dan karakter budaya penari.

Pakaian Penari Seudati

  • Tangkulok atau Tutup Kepala

Tangkulok adalah penutup kepala khas Aceh yang dinamakan tangkulok palet. Penutup kepala ini bahan dasarnya dari kain yang dilipat-lipat menjadi sebuah topi. Bagian tengah tangkulok yang dijahit diberi karton supaya bisa berdiri tegak dan bentuknya seperti lidah.

  • Bajee Seudati

Bajee adalah kaos putih lengan panjang dan celana panjang putih. Kaos yang dipakai penari ketat dan melekat di tubuh. Kaos yang ketat ini supaya tidak menimbulkan suara nyaring ketika penari menepukkan kedua tangan di dada.

Sedangkan bagian celana panjang warna putih, lebarnya 15 cm. Celana yang terlalu lebar bisa mengganggu kecepatan penari ketika bergerak. Warna putih pada pakaian melambangkan semangat kepahlawanan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...