10 Manfaat Wedang Jahe dan Cara Membuatnya

Image title
25 November 2021, 17:06
Manfaat Wedang Jahe
Times of India
Manfaat Wedang Jahe

Tanaman jahe sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan dapur. Namun, selain menambah kelezatan makanan, tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini juga dijadikan obat untuk berbagai penyakit.

Sekilas tentang Jahe

Tekstur rimpang jahe terasa padat, berbelit-belit, kasar, dan memiliki lurik. Tergantung pada varietasnya, daging jahe dapat berwarna kuning, putih, atau merah. Kulitnya berwarna krem hingga coklat muda, dengan tingkat ketebalan bergantung pada tingkat kematangan saat dipanen.

Advertisement

Tanaman ini memiliki kandungan seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc.

Komponen aktif utama dalam jahe adalah gingerol, yang berperan menciptakan aroma dan rasa khas. Gingerol merupakan senyawa antiinflamasi yang kuat dan dapat membantu meringankan rasa sakit.

Jahe sarat dengan antioksidan, senyawa yang dapat mencegah stres dan kerusakan DNA tubuh, serta melawan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru.  Untuk memperoleh manfaat tersebut, beberapa orang mengolah jahe sebagai minuman hangat , yakni wedang jahe.

Manfaat Wedang Jahe

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat wedang jahe untuk kesehatan:

1. Penghilang Rasa Mual

Wedang jahe dikenal sebagai ramuan yang ampuh menghilangkan rasa mual. Sebagai penghilang mual, wedang jahe sering digunakan untuk menangkal efek samping pemulihan pasca operasi, kemoterapi dan kehaminal (morning sickness).

2. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe sebagai pereda reaksi alergi telah dibuktikan dalam suatu penelitian. Khasiat tersebut lantaran tanaman herbal ini memiliki efek antiradang yang dapat meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Minuman yang satu ini ampuh menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah, sehingga para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi wedang jahe guna meningkatkan kesehatan jantung.

4. Rematik dan Osteoarthritis

Sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

5. Menurunkan Berat Badan

Minuman jahe dapat membuat seseorang merasa kenyang, sehingga hal tersebut dapat memengaruhi berat badan. Sebuah penelitian terhadap sepuluh pria menunjukan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama daripada makan pagi.

Selain itu, British Journal of Nutrition melaporkan bahwa tanaman ini dapat mengendalikan kolesterol dan meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh lebih efektif dalam membakar lemak.

Kendati demikian, perlu adanya penelitian lanjutan terkait manfaat jahe dalam menurunkan berat badan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement