Contoh Teks Laporan Percobaan, Struktur, Ciri dan Fungsinya

Teks laporan percobaan merupakan bagian dari pertanggung jawaban dari sebuah penelitian.
Image title
30 November 2021, 08:43
Teks laporan percobaan merupakan bagian dari pertanggung jawaban dari sebuah penelitian.
StockSnap/Pixabay
Ilustrasi Teks Laporan Percobaan.

Dalam melakukan penelitian, tentu kita tidak asing dengan teks laporan percobaan. Banyak sekali contoh teks laporan percobaan yang bisa disimak, tapi sebelum itu mari pahami dulu apa itu teks laporan percobaan.

Mengutip dari laman Guru Berbagi Kemdikbud, teks laporan percobaan merupakan teks, yang isinya menjelaskan tentang tujuan, proses hingga hasil dari sebuah percobaan. Fungsi teks laporan percobaan, tentu saja untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah dan praktikum.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks laporan percobaan, untuk kemudian kita bedah struktur, ciri-ciri hingga fungsi dari teks laporan percobaan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Berikut ini beberapa contoh teks laporan percobaan, yang dilansir dari berbagai sumber.

Advertisement

Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makanan dan Minuman

Vitamin adalah suatu zat organik yang diperlukan tubuh sebagai pengaturan proses fisiologis tubuh. Walaupun diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi fungsinya tidak dapat digantikan dengan zat-zat lain. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran berwarna hijau. Kekurangan vitamin C mengakibatkan skorbutum, pendarahan pada kulit, kerusakan sendi, dan gusi. Untuk menguji kandungan vitamin C pada bahan makanan dapat menggunakan larutan amilum iodida atau biasa juga menggunakan betadine. Tujuan dilakukannya percobaan tersebut adalah mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.

Percobaan ini menggunakan bahan berupa 

 

  • Jeruk nipis, 
  • jambu merah, 
  • tomat, 
  • air, 
  • Amilum iodida, 
  • vitamin C tablet, dan 
  • minuman sari buah. 

 

Peralatan yang digunakan adalah 

  • Pipet tetes, 
  • tabung reaksi,dan 
  • mortar dan penumbuknya. 

 

Langkah-langkah Percobaan.

  • Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan. 
  • Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi.
  • Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih. 

 

Hasil 

Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut. Berikut adalah urutan bahan makanan dari yang paling tinggi kandungan vitamin C sampai terendah berdasarkan hasil percobaan. 

  • Ekstrak jambu biji, 
  • vitamin C tablet, 
  • sari buah tomat, 
  • sari jeruk nipis, 
  • minuman sari buah, dan 
  • saus tomat 

 

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C. Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11, 8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk. Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah lebih baik dikonsumsi daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan). 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Setelah membaca contoh teks laporan percobaan di atas, mari membedah apa-apa saja yang menjadi struktur teks laporan percobaan. Secara umum, struktur teks laporan percobaan serupa dengan sistematika atau struktur penulisan karya ilmiah. Berikut ini adalah struktur teks laporan percobaan:

1. Judul

Sebagai salah satu bentuk karya ilmiah, teks laporan percobaan juga memiliki judul. Judul dari teks laporan percobaan, umumnya menggambarkan jenis percobaan apa yang akan dilakukan. Pada contoh di atas, judul dari teks laporan percobaan adalah Mengetahui Kadar Vitamin C Pada Makanan.

2. Pendahuluan

Struktur teks laporan percobaan yang berikutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan berisi tiga unsur, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan percobaan. Contoh teks laporan percobaan di atas, tujuan dari teks laporan percobaan di atas, dijelaskan pada kalimat berikut ini: “Tujuan dilakukannya percobaan tersebut adalah mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.”

3. Bahan dan Alat

Dalam melakukan sebuah percobaan atau penelitian, tentu saja memerlukan bahan dan alat. Pada contoh teks laporan percobaan di atas, bahan yang digunakan adalah jeruk nipis, jambu merah, tomat, air, Amilum iodida, vitamin C berbentuk tablet, dan minuman sari buah. Sementara alat yang digunakan pada contoh teks laporan percobaan di atas adalah: pipet tetes, tabung reaksi, mortar dan penumbuk.

4. Langkah Kegiatan Percobaan

Teks laporan percobaan tentu harus menjelaskan langkah kegiatan percobaan. Pada struktur teks laporan percobaan yang satu ini, biasanya dijelaskan secara terperinci langkah demi langkahnya. Namun pada contoh teks laporan percobaan di atas, langkah kegiatan percobaan ditulis dalam bentuk poin sederhana, yaitu: 

  • Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan. 
  • Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi.
  • Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih.

5. Hasil Percobaan

Salah satu tujuan dari teks laporan percobaan adalah menyajikan hasil dari percobaan dalam bentuk tulisan, yang bisa dibaca oleh orang lain atau sebagai rujukan untuk penelitian atau percobaan selanjutnya.

Pada contoh teks laporan percobaan di atas, menunjukkan hasil bahwa ekstrak jambu biji merupakan bahan yang paling tinggi kandungan vitamin C, sementara saus tomat jadi bahan percobaan yang kandungan vitamin C-nya paling rendah.

6. Kesimpulan

Struktur teks laporan percobaan yang terakhir adalah kesimpulan. Kesimpulan berisi penjelasan singkat dari seluruh rangkaian percobaan. Contoh teks laporan percobaan di atas, penulis juga memaparkan data dan fakta, bahwa ada produk olahan makanan yang nilai informasi gizinya tidak sesuai dengan hasil percobaan.

Hal tersebut dijelaskan pada kalimat “Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk. Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah lebih baik dikonsumsi daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan).

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

Setelah memahami contoh dan membedah struktur teks laporan percobaan, hal berikutnya yang harus dipahami adalah ciri-ciri teks laporan percobaan. Ciri-ciri teks laporan percobaan yaitu: 

  • Disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian disertai pemecahannya.
  • Pembahasan masalah teks laporan hasil percobaan dikemukakan secara obyektif sesuai dengan realitas atau fakta dan kebenarannya dapat diuji.
  • Tidak menuliskan hal yang menyimpang, mengandung prasangka atau memihak.
  • Disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
  • Menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis.
  • Ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
  • Dibuat menarik dan interaktif.
  • Menuntaskan masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap.

Selain itu, ciri-ciri teks laporan percobaan juga meliputi kaidah kebahasaan, yang harus diperhatikan oleh penulis. Kaidah kebahasaan pada teks laporan percobaan adalah:

1. Menggunakan kata sandang

2. Menggunakan konjungsi

3. Kalimat aktif

4. Kata tugas

5. Kosakata teknis bidang ilmu

6. Penulisan unsur serapan

Ciri-ciri teks laporan percobaan yang berikutnya adalah:

  • Menggunakan sinonim dan antonim

Pada teks laporan percobaan, sinonim atau persamaan kata dan antonim atau perlawanan kata, biasa digunakan pada bagian langkah-langkah percobaan.

  • Menggunakan kata bilangan

Penulis teks laporan percobaan juga bisa menggunakan kata bilangan. Kata bilangan, dipakai pada penjelasan jumlah bahan yang digunakan hingga persentase.

  • Menggunakan kata hubung

Ciri-ciri teks laporan percobaan berikutnya adalah menggunakan kata hubung. Kata hubung seperti dan, tetapi, apabila, jika, sehingga dan lainnya umum digunakan pada teks laporan percobaan.

  • Menggunakan kata perintah

Terakhir, teks laporan percobaan juga biasa menggunakan kata perintah. Penulis biasanya menggunakan kata perintah seperti sebaiknya, hindari, campurkan, dan lain sebagainya.

Fungsi Teks Laporan Percobaan

Setelah memahami struktur, contoh dan ciri-ciri teks laporan percobaan, hal terakhir adalah memahami fungsi teks laporan percobaan. Sebelumnya telah dijelaskan, fungsi dari teks laporan percobaan adalah melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah dan praktikum. Lebih lanjut, fungsi teks laporan percobaan adalah sebagai berikut:

  • Dokumentasi hasil percobaan
  • Sebagai sarana inovasi atau pengembangan teknik percobaan
  • Memaparkan data dan fakta secara obyektif
  • Penyempurnaan dari percobaan sebelumnya
  • Bentuk pertanggung jawaban dari kegiatan penelitian atau karya ilmiah.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait