Contoh Teks Laporan Percobaan, Struktur, Ciri dan Fungsinya

Image title
30 November 2021, 08:43
Teks laporan percobaan merupakan bagian dari pertanggung jawaban dari sebuah penelitian.
StockSnap/Pixabay
Ilustrasi Teks Laporan Percobaan.

Dalam melakukan penelitian, tentu kita tidak asing dengan teks laporan percobaan. Banyak sekali contoh teks laporan percobaan yang bisa disimak, tapi sebelum itu mari pahami dulu apa itu teks laporan percobaan.

Mengutip dari laman Guru Berbagi Kemdikbud, teks laporan percobaan merupakan teks, yang isinya menjelaskan tentang tujuan, proses hingga hasil dari sebuah percobaan. Fungsi teks laporan percobaan, tentu saja untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah dan praktikum.

Advertisement

Berikut ini adalah beberapa contoh teks laporan percobaan, untuk kemudian kita bedah struktur, ciri-ciri hingga fungsi dari teks laporan percobaan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Berikut ini beberapa contoh teks laporan percobaan, yang dilansir dari berbagai sumber.

Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makanan dan Minuman

Vitamin adalah suatu zat organik yang diperlukan tubuh sebagai pengaturan proses fisiologis tubuh. Walaupun diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi fungsinya tidak dapat digantikan dengan zat-zat lain. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran berwarna hijau. Kekurangan vitamin C mengakibatkan skorbutum, pendarahan pada kulit, kerusakan sendi, dan gusi. Untuk menguji kandungan vitamin C pada bahan makanan dapat menggunakan larutan amilum iodida atau biasa juga menggunakan betadine. Tujuan dilakukannya percobaan tersebut adalah mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.

Percobaan ini menggunakan bahan berupa 

 

  • Jeruk nipis, 
  • jambu merah, 
  • tomat, 
  • air, 
  • Amilum iodida, 
  • vitamin C tablet, dan 
  • minuman sari buah. 

 

Peralatan yang digunakan adalah 

  • Pipet tetes, 
  • tabung reaksi,dan 
  • mortar dan penumbuknya. 

 

Langkah-langkah Percobaan.

  • Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan. 
  • Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi.
  • Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih. 

 

Hasil 

Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut. Berikut adalah urutan bahan makanan dari yang paling tinggi kandungan vitamin C sampai terendah berdasarkan hasil percobaan. 

  • Ekstrak jambu biji, 
  • vitamin C tablet, 
  • sari buah tomat, 
  • sari jeruk nipis, 
  • minuman sari buah, dan 
  • saus tomat 

 

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C. Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11, 8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk. Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah lebih baik dikonsumsi daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan). 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Setelah membaca contoh teks laporan percobaan di atas, mari membedah apa-apa saja yang menjadi struktur teks laporan percobaan. Secara umum, struktur teks laporan percobaan serupa dengan sistematika atau struktur penulisan karya ilmiah. Berikut ini adalah struktur teks laporan percobaan:

1. Judul

Sebagai salah satu bentuk karya ilmiah, teks laporan percobaan juga memiliki judul. Judul dari teks laporan percobaan, umumnya menggambarkan jenis percobaan apa yang akan dilakukan. Pada contoh di atas, judul dari teks laporan percobaan adalah Mengetahui Kadar Vitamin C Pada Makanan.

2. Pendahuluan

Struktur teks laporan percobaan yang berikutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan berisi tiga unsur, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan percobaan. Contoh teks laporan percobaan di atas, tujuan dari teks laporan percobaan di atas, dijelaskan pada kalimat berikut ini: “Tujuan dilakukannya percobaan tersebut adalah mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.”

3. Bahan dan Alat

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement