5 Rekomendasi Pantai Pasir Putih Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berikut lima rekomendasi pantai pasir putih Jogja yang hits dan menjadi rekomendasi saat masa liburan tiba.
Image title
16 Desember 2021, 10:52
Ilustrasi Pantai Sadranan sebagai rekomendasi pantai pasir putih Jogja
unsplash.com
Ilustrasi Pantai Sadranan sebagai rekomendasi pantai pasir putih Jogja

Salah satu provinsi yang seakan tak ada habisnya untuk menjadi destinasi wisata adalah Yogyakakarta. Provinsi yang memiliki berbagai nama julukan dari Yogya, Jogja, Yogyakarta dan lainnya ini memiliki destinasi wisata sejarah, seni, dan budaya, Anda dapat berkunjung ke keraton, candi-candi, maupun museum yang banyak tersebar di Jogja.

Selain museum sejarah yang sangat kental dengan nuansan masa lalu namun juga ada wisata alam, Jogja juga tidak akan kehabisan destinasi wisata yang menarik. Wisata alam sangat lengkap dan akan membuat liburan Anda menjadi berkesan. Sajian yang diberikan dari pemandangan yang indah wisata alam seperti hutan pinus, wisata pendakian, air terjun, goa, dan tentu saja pantai tidak akan membuat Anda bosan.

Saat menyebutkan pantai di Jogja, kerap kali yang sering disebut adalah Pantai Parangtritis. Padahal, ada banyak ragam alternatif yang bisa menjadi destinasi wisata lainnya. Pantai pasir putih Jogja juga beragam dan bisa menjadi pilihan saat liburan di masa liburan dan akhir pekan.

Berikut ragam pilihan pantai pasir putih Jogja yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat masa liburan tiba, yang dikutip dari situs wisata itrip.id:

Advertisement

1. Pantai Pok Tunggal

Rekomendasi pantai pasir putih Jogja yang pertama adalah Pantai Pok Tunggal yang berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Untuk bisa masuk cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp3.000. Pantai ini menjadi idaman wisatawan, karena keindahan dan kebersihannya.

Meskipun demikian perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal cukup sulit dengan banyak jalan berkerikil. Kendaraan akan mudah tergelincir jika tidak berhati-hati. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terobati dengan pemandangan indah yang tersaji.

Untuk bisa sampai ke pantai pasir putih ini, Anda harus mendaki bukit kapur. Namun jangan khawatir, Anda akan dimanjakan dengan laut yang bersih dan jernih. Pantai Pok Tunggal juga sangat khas dengan payung-payung berwarna-warni yang berjajar-jajar di sepanjang pantai. Sambil menikmati kelapa muda, Anda dapat duduk bersantai di bawah payung-payung ini.

2. Pantai Indrayanti

Destinasi pantai pasir putih Jogja selanjutnya adalah Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau Rp10.000. Keberadaan pantai ini difasilitasi dengan pasir putih yang bersih dan karang-karang yang eksotis. Pantai ini juga salah satu yang paling populer sebagai destinasi wisata pantai.

Meski wisata alam namun Pantai Indrayanti juga disediakan fasilitas berupa musala, toilet, restoran, cafe, bahkan penginapan tersedia untuk para wisatawan yang berkunjung. Sehingga kenyamanan Anda dalam berwisata sudah dilengkapi oleh warga sekitar selaku pengelola.

Pihak pengelola wisata juga sudah memastikan bahwa tidak ada yang membuang sampah sembarang di area wisata ini. Tidak hanya wisatawan, pedagang di sekitar juga akan mendapat sanksi denda jika membuang sampah sembarangan. Sanksi ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan di sekitar Pantai Indrayanti.

3. Pantai Sadranan

Selanjutnya rekomendasi pantai pasir putih Jogja adalah Pantai Sadranan. Pantai yang menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air laut yang sangat jernih sehingga memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat indah. Apabila berminat silakan berangkat ke Dusun Pule Gendus II, Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Tiket yang ditawarkan juga ekonomis hanya Rp10.000.

Pantai Sadranan juga dilengkapi dengan penginapan dan bungalow untuk pengunjung yang ingin menginap. Beberapa penginapan ini harga sangat terjangkau karena dikelola oleh warga sekitar. Sehingga jika Anda berwisata juga sekaligus menghidupkan roda ekonomi masyarakat sekitar.

Selain dimanjakan dengan pemandangan, Anda juga akan dipandu oleh guide ke lokasi dengan pemandangan laut yang indah dan membantu mengabadikan foto. Jika tidak snorkeling, Anda juga dapat mencoba perahu kano dan alat-alat safety. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang sangat populer.

4. Pantai Sepanjang

Tawaran pantai pasir putih Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Sepanjang. Untuk berkunjung ke pantai ini bisa langsung mengunjungi ke Jalan Nglolang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Harga tiket yang dijual hanya sebesar Rp10.000.

Anda akan disuguhi dengan tumbuhan palem dan saung-saung dengan atap daun kering untuk beristirahat. Anda juga dapat menemukan warung-warung makanan dengan aneka menu dari hasil laut yang ada dipinggir pantai.

Apabila air pantai mulai surut, para wisatawan juga disuguhi dengan pemandangan karang-karang yang menjadi habitat biota laut di bibir pantai yang landai. Dari cekungan atau lubang di sekitar karang, Anda dapat menemukan bintang laut, bulu babi, kerang, anggang laut, dan ikan-ikan kecil. Warga sekitar juga biasanya untuk mencari rumput laut, kerang, atau lainnya untuk konsumi sendiri atau diolah untuk kemudian dijual.

5. Pantai Siung

Rekomendasi pantai pasir putih Jogja yang terakhir adalah Pantai Siung, Jaraknya sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Jogja. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Tiketnya untuk masuk sebesar Rp10.000.

Pantai pasir putih Jogja ini cukup terpencil dan menjadi referensi bagi wisatawan menyukai destinasi wisata yang tidak ramai dikunjungi wisatawan. Dengan keindahan pasir putih dan laut yang menawan, Pantai Siung bisa menjadi tempat Anda untuk melepas penat.

Demikianlah lima rekomendasi pantai pasir putih Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, kawan atau pasangan. Meskipun beberapa pantai cukup sulit dijangkau, namun perjalanan akan terbayar dengan sajian keindahan alam di sekitar pantai akan memanjakan mata Anda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait