Ketahui Penyebab Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang banyak dikeluhkan. Penyebab asam urat bisa berasal dari makanan. Tapi tenang saja, karena ada bahan alami yang bisa mengatasi gangguan kesehatan ini.
Image title
16 September 2021, 12:08
Ketahui Penyebab Asam Urat dan Cara Mengobatinya
shutterstock/coloradopaincare.com
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat

Asam urat adalah penyakit tidak menular yang banyak diderita orang. Menurut data World Health Organization pada 2013, penderita asam urat di Indonesia sebanyak 81%. Sementara itu hanya ada 24% penderita asam urat yang pergi ke dokter dan 71% sisanya langsung mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebeas.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 3(2), penyakit ini dikenal juga dengan sebutan gout arthritis. Penyebab asam urat yaitu karena adanya penimbunan kristal monosodium urat di tubuh.

Menurut penjelasan dari website resmi Kemenkes asam urat ini merupakan sisa metabolisme purin yang berasal dari makanan. Jika tubuh normal, maka asam urat akan dikeluarkan melalui kotoran atau urin. Namun ketika ginjal tidak bisa mengeluarkan zat tersebut akibatnya terjadi penumpukan berlebihan.

Asam urat tersebut biasanya menumpuk pada persendiran sehingga menyebabkan nyeri dan bengkak. Maka tak jarang, kita melihat penderita asam urat mengalami kesulitan berjalan.

Ciri-Ciri Asam Urat

Sama halnya dengan gangguan kesehatan lain, asam urat juga bisa diketahui dengan melihat beberapa ciri khusus. Mengutip dari laman hellosehat.com, beberapa ciri asam urat sebagai berikut.

1. Nyeri sendi

Gejala yang sering muncul yaitu nyeri sendir. Rasa nyeri ini umumnya muncul di pagi hari dan bisa semakin parah 4 sampai 12 jam pertama. Nyeri sendi ini disebabkan oleh kristal asam urat yang ada di bawah kulit. Kritsal ini memiliki bentuk kecil dan tajam, sehingga menyebabkan rasa sakit.

2. Sendi menjadi bengkak dan lunak

Sendi dengan asam urat tinggi menyebabkan bentuknya menjadi bengkak dan terasa lunak apabila ditekan. Kondisi ini terjadi ketika kristal kecil, keras, dan tajam di dalam sendi bergesekan dengan lapisan lunak yang melindungi sendi tersebut. Hal tersebut menyebabkan lapisan lunak membesar dan melunak.

3. Kulit kemerahan

Ciri-ciri asam urat selanjutnya yaitu adanya tanda kemerahan pada kulit. Reaksi ini sebenarnya umum terjadi ketika ada peradangan. Hal tersebut dikarenakan aliran darah meningkat dibagian peradangan. Ketika hal tersebut mengenai sendi, maka kulit di daerah sendi tersebut menjadi kemerahan.

4. Rasa hangat atau panas pada sendi

Rasa hangat bahkan panas seperti terbakar pada bagian sendi disebabkan adanya peradangan. Kondisi tersebut membuat imun tubuh melepaskan sitokin. Proses pelepasan sitokin ini memicu adanya bengkak, kemerahan, dan rasa hangat yang terdapat asam sendi.

5. Kaku pada sendi

Penyakit ini juga bisa ditandai dengan kondisi kaku dipersendian. Kondisi tersebut tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kaku sendi biasanya muncul beberapa kali serangan asam urat dan penderita asam urat kronis.

Makanan Penyebab Asam Urat

Sudah disinggung sebelumnya bahwa asam urat merupakan hasil metabolisme purin. Zat ini banyak berasal dari makanan. Maka dari itu, makanan bisa menjadi penyebab asam urat. Mengulas dari hellosehat.com, diketahui ada beberapa makanan yang dipercaya memicu penyakit ini.

1. Jeroan hewan

Jeroan seperti hati, jantung, ampela, babat, otak, limpa, usus, dan paru hewan diketahui bisa memicu penyakit ini. Hal ini dikarenakan jeroan memiliki purin yang tinggi. Diketahui dalam 100 gram hati ayam ada 312,2 mg purin sedangkan pada 100 gram hari sapi ada 2019,8 mg purin. Bagi penderita gout arthritis, jeroan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari.

2. Makanan laut

Meski terkenal dengan makanan protein tinggi, seafood atau makanan laut ternyata bisa menjadi penyebab asam urat. Beberapa seafood seperti udang dan ikan teri, diketahui memiliki kandungan purin tinggi. Diketahui dalam ikan kering tinggi terdapat sekitar 1.1086 mg per 100 gram. Sedangkan ikan sarden segar memiliki kandungan purin sebanyak 210,4 mg.

3. Daging merah

Makanan penyebab asam urat selanjutnya yaitu daging merah. Makanan ini diketahui bisa meningkatkan purin dalam tubuh. Daging merah yang diketahui menyebabkan asam urat yaitu daging sapi, kambing, dan domba. Per 100 gram daging mentah diketahui ada purin lebih dari 100 mg.

4. Daging olahan

Selain daging merah, makanan penyebab asam urat selanjutnya yang juga harus dihindari yaitu daging olahan. Produk turunan daging ini antara lain salami dan ham. Kandungan purin dalam 100 gram salami diketahui mencapai 120,4 mg. Sedangkan pada 100 gram ham ada sekitar 138,3 mg purin.

Bukan hanya kandungan purin yang tinggi, daging olahan juga diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan. Lemak ini lah yang bisa memicu kenaikan berat badan hingga obesitas.

Ketika tubuh memiliki berat badan berlebih, maka risiko penyakit gout arthritis  semakin tinggi. Sebab ginjal menjadi mengalami penurunan fungsi untuk membuang sisa purin tersebut. Akibatnya terjadi penumpukan kristal pada daerah persendian.

5. Minuman manis

Pasti banyak diantara kita yang suka dengan minuman berpemanis buatan seperti jus buah tunggi gula dan soda. Meskipun memiliki rasa yang enak, namun minuman manis ternyata bisa memicu penyakit asam urat. Ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis, maka tubuh akan bekerja untuk memecah fruktosa. Dari aktivitas tersebut, maka terciptalah purin.

Sebuah penelitian bahkan menyeburkan bahwa risiko gout arthritis meningkat sekitar 85 persen pada pria yang minum soda dua porsi per harinya. Maka dari itu, minuman berpemanis lebih sering disebut sebagai penyebab asam urat.

6. Minuman beralkohol

Selain minuman manis, minuman dengan kandungan alkohol juga bisa menjadi penyebab asam urat berikutnya. Sebuah penelitian di Boston University School of Medicine, menyebutkan bahwa konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko asam urat. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar bisa mengetahui alasan pasti dibalik pernyataan tersebut.

Cara Mengobati Asam Urat

Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab asam urat, maka sekarang sampailah kita pada pembahasan mengenai cara untuk mengobati penyakit ini. sehatq.com memberikan penjelasan tentang obat asam urat dari bahan alami. Obat tersebut antara lain;

1. Jahe

Rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan sensasi hangat ini ternyata bisa menjadi obat asam urat. Sebuah studi menjelaskan bahwa manfaat jahe bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pada sendi.

2. Air lemon

Kandungan vitamin C yang ada didalam air lemon ternyata berpotensi untuk mengurangi asam urat dalam darah. Meski demikian, konsumsi air lemon ini tidak boleh berlebihan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari masalah kesehatan lainnya.

3. Teh hijau

Senyawa aktif yang dimiliki teh hijau ternyata bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Anda bisa meminum teh hijau ini sebagai obat, namun jangan terlalu banyak menambahkan gula. Sebab minuman yang terlalu manis juga bisa menjadi penyebab asam urat.

4. Minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Kandungan antioksidan dan vitamin E bisa membantu menurunkan asam urat dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini.

5. Pisang

Cara mengobati asam urat alami lainnya yaitu bisa dengan konsumsi pisang. Kalium didalam pisang diketahui bisa meredakan asam urat. Selain itu, manfaat pisang juga bisa menjaga jaringan serta organ tubuh agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait