Ketahui Penyebab Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Siti Nur Aeni
16 September 2021, 12:08
Ketahui Penyebab Asam Urat dan Cara Mengobatinya
shutterstock/coloradopaincare.com
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat

Asam urat adalah penyakit tidak menular yang banyak diderita orang. Menurut data World Health Organization pada 2013, penderita asam urat di Indonesia sebanyak 81%. Sementara itu hanya ada 24% penderita asam urat yang pergi ke dokter dan 71% sisanya langsung mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebeas.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 3(2), penyakit ini dikenal juga dengan sebutan gout arthritis. Penyebab asam urat yaitu karena adanya penimbunan kristal monosodium urat di tubuh.

Advertisement

Menurut penjelasan dari website resmi Kemenkes asam urat ini merupakan sisa metabolisme purin yang berasal dari makanan. Jika tubuh normal, maka asam urat akan dikeluarkan melalui kotoran atau urin. Namun ketika ginjal tidak bisa mengeluarkan zat tersebut akibatnya terjadi penumpukan berlebihan.

Asam urat tersebut biasanya menumpuk pada persendiran sehingga menyebabkan nyeri dan bengkak. Maka tak jarang, kita melihat penderita asam urat mengalami kesulitan berjalan.

Ciri-Ciri Asam Urat

Sama halnya dengan gangguan kesehatan lain, asam urat juga bisa diketahui dengan melihat beberapa ciri khusus. Mengutip dari laman hellosehat.com, beberapa ciri asam urat sebagai berikut.

1. Nyeri sendi

Gejala yang sering muncul yaitu nyeri sendir. Rasa nyeri ini umumnya muncul di pagi hari dan bisa semakin parah 4 sampai 12 jam pertama. Nyeri sendi ini disebabkan oleh kristal asam urat yang ada di bawah kulit. Kritsal ini memiliki bentuk kecil dan tajam, sehingga menyebabkan rasa sakit.

2. Sendi menjadi bengkak dan lunak

Sendi dengan asam urat tinggi menyebabkan bentuknya menjadi bengkak dan terasa lunak apabila ditekan. Kondisi ini terjadi ketika kristal kecil, keras, dan tajam di dalam sendi bergesekan dengan lapisan lunak yang melindungi sendi tersebut. Hal tersebut menyebabkan lapisan lunak membesar dan melunak.

3. Kulit kemerahan

Ciri-ciri asam urat selanjutnya yaitu adanya tanda kemerahan pada kulit. Reaksi ini sebenarnya umum terjadi ketika ada peradangan. Hal tersebut dikarenakan aliran darah meningkat dibagian peradangan. Ketika hal tersebut mengenai sendi, maka kulit di daerah sendi tersebut menjadi kemerahan.

4. Rasa hangat atau panas pada sendi

Rasa hangat bahkan panas seperti terbakar pada bagian sendi disebabkan adanya peradangan. Kondisi tersebut membuat imun tubuh melepaskan sitokin. Proses pelepasan sitokin ini memicu adanya bengkak, kemerahan, dan rasa hangat yang terdapat asam sendi.

5. Kaku pada sendi

Penyakit ini juga bisa ditandai dengan kondisi kaku dipersendian. Kondisi tersebut tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kaku sendi biasanya muncul beberapa kali serangan asam urat dan penderita asam urat kronis.

Makanan Penyebab Asam Urat

Sudah disinggung sebelumnya bahwa asam urat merupakan hasil metabolisme purin. Zat ini banyak berasal dari makanan. Maka dari itu, makanan bisa menjadi penyebab asam urat. Mengulas dari hellosehat.com, diketahui ada beberapa makanan yang dipercaya memicu penyakit ini.

1. Jeroan hewan

Jeroan seperti hati, jantung, ampela, babat, otak, limpa, usus, dan paru hewan diketahui bisa memicu penyakit ini. Hal ini dikarenakan jeroan memiliki purin yang tinggi. Diketahui dalam 100 gram hati ayam ada 312,2 mg purin sedangkan pada 100 gram hari sapi ada 2019,8 mg purin. Bagi penderita gout arthritis, jeroan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari.

2. Makanan laut

Meski terkenal dengan makanan protein tinggi, seafood atau makanan laut ternyata bisa menjadi penyebab asam urat. Beberapa seafood seperti udang dan ikan teri, diketahui memiliki kandungan purin tinggi. Diketahui dalam ikan kering tinggi terdapat sekitar 1.1086 mg per 100 gram. Sedangkan ikan sarden segar memiliki kandungan purin sebanyak 210,4 mg.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement