Review Adalah Ulasan Singkat, Berikut Jenis dan Cara Melakukannya

Image title
17 Januari 2022, 11:40
Review Adalah Ulasan Singkat, Berikut Jenis dan Cara Melakukannya
Vecteezy
Ilustrasi review produk kecantikan.

Review adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan ulasan terhadap suatu hal yang sudah pernah mereka coba.

Perkembangan tekologi di era revolusi industri 4.0 ini membuat kegiatan review semakin marak dilakukan karena bisa dikerjakan oleh siapa saja dan mudah untuk disebarkan melalui media sosial. Tak sedikit orang awam yang mencoba membagikan ulasannya terkait suatu produk atau jasa tertentu di internet.

Advertisement

Meski demikian, kritik dan saran berupa review tidak boleh sembarang dilakukan. Mereka yang melakukan review mesti berpegang pada prinsip analisis dan fakta, bukan sembarang opini. Sebab, ulasan berupa ringkasan singkat ini bisa berguna untuk berbagai bidang, baik pemasaran sampai seni. Review adalah sesuatu yang juga bermanfaat untuk individu maupun publik secara lebih luas.

Pengertian Review

Seperti penjelasan di atas, kegiatan review mesti berdasarkan analisis dan fakta yang dilakukan guna memahami sesuatu secara lebih mendalam dengan sudut pandang tertentu. Review dapat memberikan pandangan atas kualitas tertentu suatu karya, barang atau jasa.

Review bertujuan untuk memberikan informasi, gagasan, atau gambaran yang praktiknya lebih banyak dilakukan dalam bidang bisnis, biasanya membahas kelebihan dan kekurangan dari suatu produk atau jasa.

Review mesti memiliki nilai guna. Inilah yang membedakan review dengan opini. Di bidang pemasaran misalnya, suatu review bisa mengarah pada perbaikan produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.

Jenis Review

Review memiliki banyak jenis, di antaranya review jurnal, buku fiksi dan non-fiksi, film, sinetron, makanan, musik, metode, lagu, barang dan jasa.

Selain itu, review dapat berupa review aplikasi, suara, teks, gambar, tempat penginapan, video, alat rumah tangga, fasilitas tertentu, rumah makah, rumah sakit, alat-alat elektronik, hingga alat-alat transportasi.

Cara Melakukan Review

Ada banyak cara melakukan review. Namun, biasanya review dilakukan dengan berpegang pada struktur pengenalan dan evaluasi.

Pengenalan berisi gambaran secara umum terkait hal yang hendak dibahas dalam review. Pengenalan dapat dimulai dengan nama hingga profil dari suatu barang atau jasa.

Setelah pengenalan, review bisa dilanjutkan dengan melakukan evaluasi atau memberikan pandangan terhadap barang atau jasa tersebut. Pada bagian ini, biasanya suatu barang atau jasa tersebut akan dibedah secara mendalam dan dibandingkan dengan produk atau jasa lainnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement