Progres Adalah Kemajuan, Simak Penjelasan dan Cara Menggapainya

Image title
28 Januari 2022, 10:54
Ilustrasi orang memiliki motivasi dan penuh progres dalam kehidupan. Progres adalah bentuk perubahan sosial menuju ke arah kemajuan yang dapat memberikan keuntungan atau perbaikan khusus untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.
https://freerangestock.com/
Ilustrasi orang memiliki motivasi dan penuh progres dalam kehidupan

Dalam proses bekerja, seseorang akan dievaluasi dari progres perkembangan pekerjaan yang dia lakukan. Secara makna, pengertian progres adalah kemajuan. Atau dapat diartikan pula bahwa progres adalah salah satu istilah dalam penggambaran gerakan menuju tujuan yang diharapkan. Sehingga dapat diartikan bahwa progres adalah upaya mengejar tahapan lebih lanjut, lebih tinggi dan lebih terarah.

Pada umumnya progres adalah upaya pencapaian dengan kreativitas dan optimisme. Progres di kehidupan sosial diartikan sebagai kemajuan yang dapat memberikan keuntungan. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai progres.

Sejarah Kemunculan Progres

Secara etimologi, munculnya istilah progres adalah berasal dari kata serapan bahasa Inggris “progress” yang sudah ada sejak abad ke-14 Masehi yang juga adopsi dari bahasa Latin “progressus” yang artinya suatu langkah kemajuan.

Dapat diartikan pula bahwa progres adalah bentuk perubahan sosial menuju ke arah kemajuan yang dapat memberikan keuntungan atau perbaikan khusus untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Dilansir dari Cambridge Dictionary, progres adalah dijelaskan sebagai bagian dari peningkatan atau perkembangan dalam kemampuan, ilmu, dan lain sebagainya. Istilah progres juga dapat diartikan jika “sesuatu yang akhirnya selesai.”

Progres Dalam Bidang Teknologi

Dalam progres teknologi ada loma fase yang harus dilewati sampai akhirnya ia akan bergabung dengan manusia kurang lebih dalam waktu 33 tahun lagi. Progres ini disampaikan oleh Head of Strategy and Planning PHD Asia Pacific, Chris Stephenson. Berikut contoh progres dalam bidang teknologi:

1. Periode I, Surfacing (1950-1995)

Pada masa ini, manusia melakukan perkenalan melalui teknologi engan cara paling sederhana. Di era 1980-an, Personal Computer muncul. Mendekati masa awal 1990-an, adopsi internet mulai menyebar. Pengguna early adopter ini pun memanfaatkan akses internet untuk mengakses lebih banyak informasi.

2. Periode 2, Organizing (1990-2015)

Masa ini baru berakhir pada 2015 lalu. Pada periode ini, progres teknologi mengalami masa 'mengatur' (organize) informasi dari internet dan membuatnya bisa diakses secara global dan berharga secara universal. Dengan demikian, hadirlah smartphone, perangkat yang menawarkan akses lebih cepat dan mudah, serta mendekatkan penggunanya.

 3. Periode III, Extracting (2010-2025)

Seusai periode selesai, maka dilanjutkan dengan fase ketiga yang dimulai tahun 2010. Fase ini menjadi proses penggabungan teknologi dengan manusia. Chris menjelaskan era ini merepresentasikan pendewasaan situs web. Mesin pencarian menjadi lebih pintar, penetrasi smartphone semakin meluas, konektivitas lebih cepat dan unggul di banyak wilayah dunia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...