Landfill adalah Tempat Pembuangan Akhir, Pahami Jenis dan Dampaknya

Image title
3 Februari 2022, 15:05
Pemungut sampah memilah sampah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat (5/6/2021). Tempat pembuangan akhir (TPA) atau landfill adalah tempat untuk membuang sampa
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pemungut sampah memilah sampah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat (5/6/2021). Pandemi Covid-19 secara tidak langsung berdampak pada pengurangan volume sampah yang masuk ke TPST tersebut dan memengaruhi penghasilan pemungut sampah.

Jika berkunjung ke Kecamatan Bantar Gebang di Kota Bekasi, Anda dapat melihat gunungan sampah yang cukup tinggi. Area ini merupakan landfill atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaporkan, sejak tahun 2011, TPA Bantar Gebang ditingkatkan kinerjanya menjadi TPST Bantar Gebang (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu).

Menurut Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta, jumlah sampah yang masuk TPST Bantar Gebang pada tahun 2019 mencapai 6,7 ribu ton setiap harinya. Bahkan, dalam sebuah artikel oleh The New York Times, TPST Bantar Gebang termasuk “one of the world’s largest landfills” atau salah satu tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Dalam siaran pers SP.BIRKOM/XII/2021/685 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebutkan, luas area TPST Bantar Gebang sebesar 104,7 Ha yang terdiri dari landfill (6 zona) sebesar 81,40 Ha serta sarana dan prasarana seluas 23,30 Ha.

Pengertian Landfill

Tempat pembuangan akhir (TPA) atau landfill adalah tempat untuk membuang sampah dan bahan limbah lainnya. Tempat ini dirancang untuk meminimalkan dampak sampah terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Mengutip National Geographic, TPA ditimbun dengan lapisan dari tanah liat dan plastik tipis, lalu ditimbun lagi dengan beberapa meter tanah agar tanaman bisa tumbuh di atasnya. Meskipun tempat pembuangan sampah dirancang hanya untuk menampung sampah, beberapa di antaranya akan mengalami dekomposisi seiring waktu.

Proses dekomposisi di TPA akan menghasilkan metana, yaitu gas yang berbahaya dan mudah terbakar. Sejumlah penelitian menemukan bahwa metana menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan.

Jenis Landfill

Berdasarkan sistem operasionalnya, terdapat tiga metode pembuangan akhir sampah, yaitu sanitary landfill, controlled landfill, dan open dumping.

1. Sanitary Landfill

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Pengantar Kesehatan Lingkungan, sanitary landfill adalah sistem pemusnahan sampah yang dilakukan dengan cara menimbun sampah dengan tanah yang ditimbun selapis demi selapis. Dengan demikian, sampah tidak berada di ruang terbuka sehingga tidak menimbulkan bau atau menjadi sarang binatang pengerat.

Syarat sanitary landfill yang baik meliputi:

  • Tersedia tempat yang luas.
  • Tersedia tanah untuk menimbunnya.
  • Tersedia alat-alat besar.

Lokasi sanitary landfill yang lama dan sudah tidak terpakai dapat digunakan sebagai tempat pemukiman, perkantoran, dan sebagainya.

2. Controlled Landfill

Merujuk buku Menuju Rumah Minim Sampah, definisi controlled landfill adalah sistem pembuangan dengan meratakan dan memadatkan sampah yang datang setiap hari menggunakan alat berat. Sampah dipadatkan menjadi sebuah sel, lalu dilapisi dengan tanah setiap lima hari atau seminggu sekali. Tujuannya untuk mengurangi bau, perkembangbiakan lalat, dan keluarnya gas metana.

Selain itu, dibuat juga saluran pengumpul air lindi (leachate), instansi pengolahannya, pos pengendalian operasional, fasilitas pengendalian gas metana, serta saluran drainase untuk mengendalikan air hujan.

3. Open Dumping

Open dumping adalah sistem pembuangan sampah di suatu cekungan terbuka tanpa menggunakan tanah sebagai penutup. Cara ini sudah tidak direkomendasikan lagi oleh pemerintah karena tidak memenuhi syarat teknis suatu TPA sampah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...