20 Pekerjaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Beberapa pekerjaan di dunia dibayar dengan gaji tinggim seperti ahli bedah saraf, ahli anastesi, ginekolog, dll. Lalu, bagaimana pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia?
Image title
9 November 2021, 17:37
Ilustrasi pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia
Pixabay
Ilustrasi pekerja

Gaji menjadi salah satu aspek penting dalam menjalani suatu profesi. Semakin tinggi gaji yang ditawarkan, maka kian besar pula minat masyarakat untuk menekuni profesi tersebut.

Melansir dari Wealthy Gorilla, ahli bedah saraf menjadi profesi dengan rata-rata gaji tertinggi di dunia, yakni US$381 ribu per tahun atau sekitar Rp5,43 miliar.

Ahli bedah saraf bertugas mendiagnosis serta mengobati gangguan sistem saraf pusat dan perifer melalui pembedahan. Disusul Ahli Anastesi, dengan rata-rata gaji sebesar US$265 ribu per tahun.

Kemudian ahli bedah memiliki rata-rata gaji sebesar US$251 ribu per tahun. Ahli bedah mulut dan maksilofasial yang melakukan prosedur bedah pada wajah, mulut dan rahang punya rata-rata gaji sebesar US$ 243 ribu per tahun. Ginekolog punya rata-rata gaji sebesar US$235 ribu per tahun.

Advertisement

Rata-rata gaji ortodontis tercatat sebesar US$228,5 ribu per tahun. Psikiater juga masuk daftar ini dengan rata-rata gaji sebesar US$216,09 ribu per tahun. Setelahnya ada dokter umum dengan rata-rata gaji sebesar US$208,5 ribu per tahun.

Chief Operating Officer (CEO) memiliki rata-rata gaji sebesar US$200 ribu per tahun. Sementara, dokter spesialis dalam memiliki rata-rata gaji sebesar US$198.370 per tahun.

 

 

Bidang Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Di Indonesia, mendapat pekerjaan dengan gaji besar bukanlah hal mustahil. Kombinasi kegigihan, ilmu, keahlian, dan kesabaran meniti karir adalah beberapa hal yang bisa Anda asah jika ingin memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi. Berikut 20 pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia.

1. C-Suite (Corporate Suite)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia pertama adalah level corporate suite, atau orang-orang dengan gelar Chief/Director. Berdasarkan data terbaru tahun 2021, gaji CEO di Indonesia bisa mencapai Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan. Akan tetapi, gaji sebesar ini hanya dapat diperoleh Chief dengan perusahaan yang sudah level unicorn atau di atasnya.

2. Kepala Keuangan

Head of Finance atau Kepala Keuangan pada dasarnya bertanggung jawab atas keuangan organisasi, mengawasi anggaran di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi, dan memastikan bisnis tetap menguntungkan. Head of Finance bisa mendapatkan gaji hingga Rp115 juta per bulan.

3. Country Sales Manager

Departemen penjualan adalah bagian yang penting bagi organisasi mana pun dan mereka yang memimpinnya mendapat kompensasi yang baik ketika pekerjaan dilakukan dengan baik.

Country Sales Manager bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp113 juta hingga Rp175 juta, tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan.

Mirip dengan peran Country Sales Manager, Direktur Penjualan memperoleh penghasilan dari Rp113 juta hingga Rp175 juta. Tugasnya mengelola upaya strategis tim penjualan perusahaan dan memastikan tim memenuhi target penjualan yang diproyeksikan.

4. Head of Risk

Melindungi perusahaan dari risiko di semua tingkatan, baik itu risiko keuangan, risiko kepatuhan, atau risiko strategis adalah peran dari pekerjaan ini. Sebagai Kepala Risiko atau Direktur Risiko untuk sebuah perusahaan, seorang profesional harus memiliki gelar terkini dan pengetahuan terkini tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah.

Peran ini adalah tentang pencegahan, ini adalah salah satu kunci dalam melindungi kepentingan perusahaan. Seseorang di posisi ini di Indonesia dapat menghasilkan hingga Rp 150 juta.

5. Marketing Director

Sebagai fungsi, pemasaran adalah salah satu bagian paling penting bagi perusahaan yang ingin memperoleh klien atau pelanggan baru. Fungsi lainnya adalah meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pangsa pasar.

Profesional yang memimpin fungsi pemasaran haruslah seseorang yang inovatif serta dapat mencoba hal-hal baru sambil memahami cara berbicara kepada pelanggan saat preferensi dan harapan mereka berubah.

Tim pemasaran menjadi lebih kompleks dan tersusun sebagai tim yang bekerja sama menuju tujuan bersama. Para profesional yang naik ke posisi Direktur Pemasaran dapat memperoleh penghasilan dari Rp110 juta hingga Rp150 juta.

6. Project Management Director

Menjadi Direktur Proyek adalah pekerjaan manajemen proyek tingkat tinggi yang dapat mencakup sejumlah tanggung jawab, tergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola.

Sebagai orang kunci untuk mengatur dan menyelesaikan proyek, direktur proyek atau direktur pelaksana dapat menghasilkan dari Rp130 juta hingga Rp140 juta.

7. Engineering Director

Direktur atau VP of Engineering memimpin departemen engineering sebuah perusahaan. Seperti kepala departemen mana pun, tugasnya adalah merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik. Tugasnya mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek serta anggaran teknik. Seorang direktur teknik di berbagai industri dapat memperoleh jumlah yang bervariasi, dari Rp117 juta hingga Rp129 juta.

8. Supply Chain Director

Pada intinya, rantai pasokan adalah konvergensi dari berbagai proses yang datang bersama untuk menyelesaikan tugas. Proses ini bervariasi dalam kompleksitas dan keragaman, tergantung pada sektor tertentu dan ukuran organisasi.

Direktur Rantai Pasokan bisa mendapatkan gaji hingga Rp103 juta. Ketika industri manajemen rantai pasokan berkembang untuk merangkul otomatisasi digital lebih dari sebelumnya, direktur operasi harus menavigasi secara strategis untuk menjadi pendorong pendapatan bagi bisnis, memberikan jadwal yang lebih ketat, pemenuhan yang lebih cepat, efisiensi yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih tinggi.

9. Head of Procurement

Peran Kepala Pengadaan mengawasi pembelian perusahaan. Pekerjaan ini bisa menghasilkan gaji hingga Rp99 juta. Kepala pengadaan bekerja sama dengan tim keuangan serta logistik untuk menetapkan strategi dan kebijakan pembelian sambil memenuhi anggaran perusahaan serta persyaratan operasional lainnya. Selain membuat keputusan yang menguntungkan, kepala pengadaan juga membutuhkan kombinasi riset pasar, manajemen, negosiasi, dan keterampilan komunikasi.

10. Head of Legal

Berpenghasilan mulai dari Rp57 juta hingga Rp91 juta, peran Kepala Hukum atau penasihat umum yang dipekerjakan oleh perusahaan publik lebih dari sekadar pengacara. Pejabat hukum atas ini diharuskan untuk memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasihat bisnis untuk CEO. Selain itu, penasihat umum perlu membantu mendorong efisiensi dalam organisasi mereka dengan memanfaatkan teknologi hukum.

11. Ahli Pertambangan dan Perminyakan

Ingin mendapat pekerjaan dengan gaji besar meski levelnya masih pekerja teknis? Industri pertambangan dan perminyakan bisa jadi pilihan Anda. Berdasarkan survey terbaru di tahun 2021, gaji pekerja teknis tambang bisa mencapai Rp13 juta - Rp15 juta per bulan.

12. Digital Marketing Strategist

Disrupsi teknologi membuat strategi pemasaran tidak lagi berfokus pada channel-channel offline, melainkan juga online. Oleh karena itu, salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi saat ini dipegang oleh posisi Digital Marketing Strategist.

Digital Marketing Strategist adalah posisi umum untuk menyebut orang dengan peran membuat strategi marketing digital bagi perusahaan, mulai dari SEO website, konten media sosial, sampai periklanan.

Banyaknya channel pemasaran yang dipegang seorang Digital Marketing Strategist membuatnya menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji besar di Indonesia. Gaji seorang Digital Marketing Strategist mulai dari Rp8 juta sampai Rp100 juta per bulannya.

13. Content Manager

Pekerjaan dengan gaji tinggi di poin ke-8 masih ada di bidang pemasaran. Selain Head Manager dan Digital Marketing Strategist, Content Manager juga termasuk salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Gaji seorang Content atau Creative Manager bisa mencapai Rp8 juta hingga Rp30 juta per bulan.

14. Senior Software Engineer

Selain bidang digital marketing, salah satu bidang karir yang nominal gajinya terus naik karena disrupsi adalah pekerjaan di bidang teknologi. Seorang senior software engineer di Indonesia bisa memperoleh gaji sebesar Rp20 juta - Rp80 juta tergantung skala perusahaannya. Bahkan jika bekerja di luar negeri, gaji seorang senior software engineer bisa mencapai US$100 - 150 ribu, atau setara dengan Rp1 miliar - Rp2 miliar.

15. Full Stack Developer

Pekerjaan dengan gaji besar selanjutnya adalah seorang full stack developer, yaitu seseorang yang punya kapasitas pemrograman front-end, back-end, dan database sekaligus. Rata-rata gaji seorang full stack developer level junior bisa mencapai Rp8 juta - Rp15 juta/bulan. Semakin banyak pengalaman project-nya, nominal gaji tersebut bisa melambung hingga Rp200 juta/bulan.

 

16. Cyber Security Engineer

Cyber security engineer adalah insinyur yang bergerak di bidang keamanan data dan sistem. Tugas utama seorang security engineer adalah untuk menjaga keamanan sistem perusahaan, menemukan celah keamanan, sekaligus memperbaikinya. Di Indonesia, sebagian besar security engineer bekerja secara freelance dengan project nasional dan internasional. Gaji rata-rata seorang cyber security engineer adalah Rp10 juta sampai Rp2 miliar per bulan.

18. Head Manajer HRD

Pekerjaan dengan gaji tinggi berikutnya adalah Head Manager HRD, yang berkisar antara Rp15 juta sampai Rp100 juta/bulan, sesuai taraf perusahaannya. Akan tetapi, untuk mencapai taraf gaji sedemikian rupa, seorang HRD perlu punya pengalaman minimal 10 - 20 tahun serta terbukti mampu merekrut talenta-talenta terbaik bagi perusahaan.

19. Dokter Spesialis dan Bedah

Meskipun rata-rata dokter punya gaji besar dan pendapatan stabil, tidak semua dokter berhasil memperoleh pendapatan hingga puluhan juta per bulan. Hanya dokter bedah atau spesialis-lah yang gajinya bisa mencapai Rp25 juta sampai Rp50 juta per bulannya.

20. Sekretaris Direktur

Pekerjaan dengan gaji tinggi yang terakhir adalah sekretaris direktur, yang gajinya bisa mencapai Rp50 juta sampai Rp80 juta/bulannya. Mayoritas profesi sekretaris saat ini banyak dilakukan oleh perempuan, sehingga otomatis posisi sekretaris direktur adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait