Pernah Gagal Pilkada, 13 Caleg Ini Berhasil Melenggang ke Senayan

Ameidyo Daud Nasution
22 Mei 2019, 06:00
Gagal pilgub, lolos ke dpr, menang pileg, pemilu, pileg, dpr, senayan
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung DPR

Pemilihan Umum 2019 ternyata berbuah manis bagi sejumlah tokoh yang pernah gagal dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kegagalan saat berlaga di ajang eksekutif nomor satu daerah tak membuat mereka berhenti mendulang suara masyarakat untuk melaju ke Senayan dalam Pemilihan Legislatif.

Salah satunya Jarot Saiful Hidayat yang lolos lewat PDI Perjuangan di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) III. Jarot pernah memiliki cerita pahit, kalah dua kali dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub). Dalam Pilgub DKI Jakarta sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dikalahkan oleh Anies Baswedan – Sandiaga Uno pada 2017. 

Selang setahun kemudian, Jarot yang berpasangan dengan Sihar Sitorus kembali gagal menjadi Gubernur Sumatra Utara (Sumut) lantaran dikalahkan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

(Baca: PDIP Menang Pileg 2019 Sebesar 19,3%, Cuma 9 Partai yang Lolos ke DPR)

Cerita lain dialami Dedi Mulyadi dan TB Hasanuddin yang saat ini sama-sama lolos ke DPR lewat Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Kesamaan antara keduanya adalah sempat bertarung di arena Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018 dan sama-sama kalah dari Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum. Dedi saat itu menjadi Cawagub Dedy Mizwar, sedangkan TB Hasanuddin berpasangan dengan Anton Charliyan. 

Kesamaan lainnya adalah keduanya merupakan pimpinan partai di daerah masing-masing. TB Hasanuddin merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jabar dan Dedi merupakan Ketua DPD Golkar Jabar. Mantan Bupati Purwakarta tersebut lolos dari Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta). Adapun TB Hasanuddin lolos dari Jabar IX (Kabupaten Sumedang, Majalengka, dan Subang).

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, paling tidak ada 13 calon yang kalah dalam kontestasi Pilkada sejak 2015, tapi mampu lolos menjadi anggota dewan periode 2019-2024. Calon yang paling banyak lolos lewat PDI Perjuangan. Berikut beberapa nama yang kami kumpulkan: 

1. Jarot Saiful Hidayat

Dua kali gagal dalam pilgub, yakni di DKI Jakarta pada 2017 dan Sumut di 2018. Pada Pileg 2019, Jarot lolos ke Senayan dari Dapil Sumut III dengan raihan 165.360 suara.

2. Sihar Sitorus

Pasangan Jarot yang gagal dalam Pilgub Sumut 2018 ini lolos melalui PDI Perjuangan dari Dapil Sumut II dengan perolehan 185.918 suara.

(Baca: PDIP Jawara di Sumut, Yasonna hingga Djarot Syaiful Lolos ke Senayan)

3. Rano Karno

Pemeran "Si Doel" ini sempat gagal memenangkan Pilgub Banten 2018, sebagai petahana melawan Wahidin Halim. Kali ini dia berhasil lolos menjadi anggota dewan lewat PDI Perjuangan dengan raihan 274.294 suara di Banten III.

4. Arsyadjuliandi Rachman

Arsyadjuliandi pernah kalah dari Syamsuar pada Pilgub Riau tahun lalu. Kader Partai Golkar ini lantas lolos sebagai legislator pusat dari Dapil Riau I dengan 32.511 suara. 

5. Ishak Mekki

Mantan Wakil Gubernur Sumsel 2013-2018 ini gagal ketika mencoba peruntungannya sebagai Cagub Sumatra Selatan (Sumsel) 2018-2013. Kali ini dia berhasil menang Pileg 2019 lewat Partai Demokrat dari Dapil Sumsel II dengan 100.306 suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...