PLN Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik Hingga 2019

Image title
28 Februari 2018, 19:41
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memastikan tidak akan menaikkan tarif listrik hingga tahun depan. Alasannya, Presiden Jokowi akan mengeluarkan keputusan mengenai harga batu bara untuk pasar domestik (Domestic Market Obligation/DMO) yang rencananya akan terbit pada awal Maret 2018.

"Bisa (tarif listrik tidak berubah hingga 2019). Kecuali kamu yang minta," canda Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Fermont Hotel, Jakarta pada Rabu (28/2). (Baca: Pemerintah Tunda Harga Batu Bara Masuk Penghitungan Tarif Listrik)

Advertisement

Meski begitu, Sofyan belum bisa menyebutkan seperti apa skema harga batu bara yang diatur dalam Keputusan Presiden tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa pemerintah ingin skema harga tetap (fix) batu bara, bukan batas atas dan batas bawah. PLN berharap harga batu bara untuk pembangkitnya berada di kisaran US$ 60-70 per ton.

"Waktu itu kan range (kisaran harga yang diminta PLN), tapi Pemerintah maunya fix. Boleh saja, yang penting cukup keekonomiannya untuk PLN. Kan dulu (keekonomian) kami berkisar US$ 60-70 per ton," ujar Sofyan. 

Dengan harga batu bara yang diatur oleh Pemerintah, PLN meyakini kinerja keuangannya akan kembali membaik pada 2018. PLN menargetkan bisa meraup laba tahun di kisaran Rp 10-15 triliun. Sofyan menyaku keuntungan PLN tahun lalu terpangkas hingga Rp 20 triliun karena kenaikan harga batu bara.

(Baca: Pembedaan Harga Batu Bara Domestik Dinilai Rawan Penyelundupan)

Naiknya harga batu bara sangat berpengaruh pada keuangan PLN. Karena 60 persen harga pokok produksi PLN, merupakan pembelian batu bara. "Kehilangan untung Rp 20 triliun karena harga batubara, labanya (2017) tinggal Rp 3-4 triliun kan kasihan PLN. Lagi diaudit sekarang," ujar Sofyan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement