Pemerintah Bentuk Sistem Pengawasan Perdagangan Alternatif

Michael Reily
31 Oktober 2017, 21:28
Bappebti
www.bapebti.go.id
Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag, Bachrul Chairi meresmikan Sistem Pengawasan Tunggal Transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA) di Jakarta, Selasa (31/10)

Kementerian Perdagangan meresmikan Sistem Pengawasan Tunggal Transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA). Sistem ini bertujuan untuk mengantisipasi pratik curang dan penyimpangan dalam transaksi sistem perdagangan alternatif (SPA) atau  sistem perdagangan yang berkaitan dengan kontrak derivatif di luar bursa berjangka.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Bachrul Chairi mengatakan perkembangan industri berjangka di Indonesia memiliki risiko tinggi dan transaksi yang kompleks. SPTT-SPA terhubung dengan sistem perdagangan  yang digunakan penyelenggara SPA, sehingga semua transaksi nasabah dapat diawasi pelaporannya ke Bursa Berjangka dan pendaftarannya ke lembaga kliring.

“Kami dapat melakukan pengawasan transaksi SPA dengan lebih cepat, akurat, dan tepat waktu terhadap pelaku usaha perdagangan berjangka komoditi,“ kata Bahrul dalam keterangan resminya, Selasa (31/10).

Pada tahap awal, implementasi SPTT-SPA Bappebti hanya bisa digunakan untuk mengawasi transaksi yang sudah terjadi (post trade). Penyelarasan masih dilakukan karena pedagang penyelenggara memiliki sistem perdagangan berbeda untuk mengeksekusi transaksi, menyampaikan informasi kepada nasabah, serta melakukan pelaporan kepada bursa berjangka dan Bappebti.

(Baca: Tak Hanya KPK, KPPU dan DPR Turut Kawal Lelang Gula Rafinasi)

Basis data akan diolah untuk laporan sesuai kebutuhan pengawasan. “Dalam transaksi SPA, semua yang tersimpan di dalam masing-masing server pedagang penyelenggara SPA bisa ditarik oleh SPTT-SPA Bappebti secara periodik setiap hari secara periodik,” kata Bachrul.

Implementasi SPTT-SPA Bappebti saat ini sudah terkoneksi dengan 4 SPA yaitu, Meta Trade (MT4), Trade Pro, PRO-I dan I-Exchange. Untuk sistem perdagangan MT4 telah digunakan oleh 49 pialang berjangka pada 13 klaster pedagang SPA atau mencapai 81 persen. Untuk sistem perdagangan Trade Pro telah digunakan oleh 5 pialang berjangka pada 1 klaster pedagang SPA atau 9 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...